Monday, August 31, 2009

bolu sakura

resep bolu sakura ini dari booklet hadiah tabloid SAJI tahun lalu. waktu masih awal-awal nemu tabloid yang isinya masak-masakan. booklet itu isinya bagus banget menurutku. resepnya mudah dan takarannya sedikit. jadi cocok banget untuk belajar. banyak yang prosenya dikukus juga. cocok lagi untukku yang waktu itu baru punya kukusan alias dandang yang kecil. paling muat loyang bulat 20 cm.
bolu sakuranya ini sudah beberapa kali tak buat. seingatku resepnya sudah ada di posting sebelumnya. ini enak banget. dibikin sore (unbtuk ta'jil) sampai sahur ditaruh diluar, tetap empuk lho. kali ini saya bikin dengan berbagai macam cetakan. ternyata paling asyik adalah bentuk aslinya.



putu ayu merah a la tabloid koki

pulang dari periksa dokter, yang hasilnya agak mengagetkan, mampir ke kios majalah dan koran. ada tabloid koki. ada resep putu ayu merah. tapi, check dulu di latar belakang. versi aslinya tidak semerah ini. hue hehehe. terlalu semangat. merahnya kok jadi menyala begini. tapi enak kok. nggak seret untuk buka puasa. malah cuma nyisa satu pas sahur.
oh, ya. kata dokternya, tidak boleh makan gorengan, dingin, dan seafood. obatnya ada aneka rupa. salahsatunya berdasarkan pengalaman dan test, bikin jantung rasanya mau copot. padahal week end ini bukan week end yang santai. jadinya, karena ada yang btak cocok tadi, kalau malam tidak bisa tidur. bisa nyenyak menjelang sahur setelah pengaruh obat berkurang. bodohnya tidak minta nomor telpon dokternya. jadi nggak bisa nanya apa gantinya. so far siy sudah jauh lebih baik.



Friday, August 28, 2009

easy (strawberry ) tiramisu

noz, akhire aku gawe tiramisu. ora plek resep siy. lha sebagian bahane ora enek. ladies finger tidak ada. sponge cake males bikin. jadi tak akali saja. tetep yummy. berhubung strawberry numpuk di kulkas. dimanfaatkan sekalian yah. sebagian dipotong-potong dicampur dengan adonan kejunya. sisanya untuk hiasan diatas adonan. wafer roll ini dapat di toko dekat rumah. rasanya? lumayan. dari merk kurang terpercaya. tapi yang jelas, warna dan rasanya sesuai dengan tema.
oh, ya. kan wafer roll panjang-panjang. jauh lebih tinggi dari adonan. tak gunting saja. jadinya memang tidak rapi. banyak remah-remah. tapi sudahlah. yang penting enak, lembut keju dan segar strawberry. dengan pengalaman pertama ini, next time must be better.

oh, ya. resepnya dari buku yeni ismayani tentang variasi tiramisu. tadinya siy mau pakai resep NCC tapi dibaca-baca kok prosedurnya panjang banget. diprint dua halaman. puasa kali ini badan memang tidak fit. mikir juga jadi lemoth. akhirnya nyari-nyari lagi resep yang lebih mudah dicerna dan dipraktekkan dan bahannya ada. nah, resep ini memang mudah. sama seperti judulnya. easy tiramisu. tidak pakai telur juga lho. bayangin resep tiramisu yang pakai telur berarti agak mentah yah. hiii ...
ini sudah dipotong. berdasarkan survey kecil-kecilan, aslinya tiramisu memang tidak dipotong. tapi disajikan langsung dalam gelas. lha repot juga kalau tidak langsung habis yah. terus di tbk sini nayri plastik mika tidak ada juga. wah, pokoke tiramisu ini membuat kita kepepet musti mengeluarkan semua inovasi dan musti kreatif. loyang bongkar pasang juga nggak punya. hue hehhehehe ...


homemade fresh fruit salad

udara yang panas pengennya buka puasa dengan yang segar entah buah atau sayur berkuah banyak dan bening. sop, soto, sayur asem, hmmm .. es buah, es kelapa muda, kolak pisang, es blewah, dan sekarang tergoda dengan gambar fruit salad di blog mmbak vania. ternyata mudah. dengan sedikit aduk-aduk dan feeling happy, jadilah fruit salad ini. yummy and healthy :)
isian buah tergantung selera dan stok di kulkas. kalau sausnya hanya terdiri dari 225 ml mayonaisse dan 220 gram susu kental manis putih dan 2 sendok makan air peresan jeruk lemon. katanya enak juga ditambah sedikit yoghurt. semua bahan sausnya diaduk rata. supaya enak, bahan buahnya disipakan dan disimpan di kulkas sampai saat disajikan. dipisahkan dulu dengan sausnya. ditaburi keju cheddar parut atau keju parmesan tambah legit.

carang gesing

dulu teman sekelas saya di sma, suka bawa jajanan ini ke sekolah. buatan ibunya. sekarang dia kadang-kadang juga nerima pesanan makanan dan minuman. catering kecil-kecilan gitu. saya bilang kadang-kadang sebab kalau sudah pengen mudik, bisa berbulan-bulan dia nongkrong di kampungnya. males balik ke kota lagi. ini saya cari resepnya tapi setelah melihat persediaan dapur, resepnya jadi begini :

carang gesing

bahan :

6 buah pisang raja

250 gram daging kelapa muda

50 gram kismis hijau

50 gram gula pasir (ternyata terlalu manis)

100 ml santan instant

2 butir telur dikocok lepas

daun pandan dipotong-potong

daun pisang untuk membungkus

cara membuat :

campur seluruh bahan dan diaduk rata

bungkus dengan daun pisang

kukus sampai matang


Tuesday, August 25, 2009

bolu kukus milis NCC

horeee ....
bolu kukusnya mekar dengan cepat. ada sebagian yang bawahnya kisut karena telat ngangkat. tapi mekar semua!
resepnya dapat dari postingan milis NCC beberapa hari yang lalu. kaya'nya kok gampang. semua bahan dicemplungin jadi satu terus dikocok sampai kental jadi pita. saya sendiri tidak yakin adonannya bagus dan bisa mekar. bukan karena resepnya tapi kalau bikin bolu kukus suka nggak mau mekar. kadang mekar tapi setelah diangkat kok melempem. atau mekar tapi bawahnya basah. browsing dan blog walking akhirnya dapat banyak tips. jadi dua kali terakhir, bolu kukusku mekar. HOREEE ....!

Monday, August 24, 2009

banana yoghurt cake

masuk bulan puasa, nafsu makan malah berkurang. jadi ada tumpukan pisang kematengan. daripada kebuang seperti kloter sebelumnya, bongkar-bongkar resep. browsing juga. ada yang sama resepnya. majalah SEDAP yang dipraktekin di blog ini
http://yurikayurika.multiply.com/reviews/item/1
akhirnya pagi-pagi setelah membereskan setelah sahur, langsung bikin saja. chocolate chips saya ganti dengan dried cranberries hasil hunting jaman kapan itu. bau cakenya siy wangi dan kelihatannya menul-menul. rasanya? yah, nanti dulu. nunggu bedug magrib nanti sore.

Bahan:
275 gr margarin
100 gr gula pasir
125 gr gula palem
250 gr pisang ambon, dihaluskan
5 butir telur
100 gr yoghurt plain
375 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
75 gr chocolate chip
Cara membuat:
1. Kocok margarin, gula pasir dan gula palem sampai lembut kurleb 5 menit. Masukkan pisang, aduk rata.
2. Tambahkan telur dan yoghurt plain bergantian dgn sebagian tepung terigu sambil dikocok rata.
3. Masukkan sisa tepung dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata
4. Tambahkan chocolate chip, aduk rata.5. Tuang ke loyang yang di dioles margarin.
6. Oven dgn suhu 180 C sampai mateng.



bolu coklat kukus

asal-usulnya, saya sudah melelehkan coklat blok hampir seberat 200 gram tetapi ternyata nggak jadi dipakai. sudah keluar masuk kulkas 2 kali. jadi kalau untuk hiasan sudah jelek. tapi diici-icip (sebelum puasa lho) kalau untuk campuran adonan masih enak. akhirnya bikin bolu saja dikasih lelelah coklat. karena capek banget setelah merawat anak sakit 3 hari 3 malam nyaris nggak tidur, nyaris bantet. ternyata tidak. enak kok :p



Friday, August 21, 2009

brownies keju kukus a la radin cake

haa ... akhirnya nemu kesempatan untuk bikin kue dengan kukusan dengan resep istimewa yang ramai didiskusikan di milis kuliner. katanya yummy dan laris manis (yang sudah jualan yah :p) malah saking percayanya yummy tadi, saya langsung bikin 2 resep setelah mencoba 2 loyang oval dicemplungin ke kukusan kok muat dan aman-aman saja. jadilah brownies keju kukus a la radin cake ini. memang yummy. tak bagi dengan tetangga sebelah. katanya enak juga. nanya juga, harganya berapa seloyang? langsung sibuk menghitung. huehehe. dasar lemoth in mathematic.

BROWNIES KEJU KUKUS RADIN CAKE
Bahan A -
2 butir kuning telur
2 butir telur utuh
100 gram gula pasir
1/2 sdt vanilla extract
1/2 sdm emulsifier
1/2 sdt garam
Bahan B –

aduk rata 75 gram tepung terigu protein sedang
25 gram susu bubuk
20 gram maizena
1/2 sdt baking powder
Bahan C –

lelehkan
25 gram butter
85 mL minyak sayur
Bahan D

50 gram keju, potong dadu
Loyang: ukuran 30 x 10 x 4 cm – oles minyak atau carlo, alasi dengan kertas roti
Cara:
Panaskan kukusan.
Kocok Bahan A (kecuali garam) hingga kental berjejak, tambahkan garam, kocok lagi sebentar.
Ayakkan Bahan B ke Bahan A.
Taburkan Bahan D, lalu aduk rata.
Tuangkan Bahan C ke adonan, aduk hingga benar-benar rata.
Tuang ke loyang lalu masukkan ke dalam kukusan yang telah berasap.
Kukus dengan api yang tidak terlalu besar selama kurang lebih 40-45 menit.
Setelah matang, oles dengan mentega kocok, parutkan keju di atasnya.







Thursday, August 20, 2009

Friday, August 14, 2009

cupcake tape keju

ini dari resep durian butter cake dari www.NCC-indonesia.com dengan 6 telur. dibuat kjarena ada kecelakaan kecil-kecil tapi banyak. beli telur kok buanyak yang pecah atau retak. yang hancur disaring terus dibikin telur dadar. yang retak dibikin cupcake ini. adanya tape. masukin sekalian saja.
saya tidak begitu suka -malah tidak suka- cupcake yang terlalu plain. rich chocolate cupcakes yang terakhir dibuat itu didalamnya saya kasih sesendok teh selai strawberry juga. hehehe.
karena papercup yang polkadot ini ukurannya lebih kecil, jadinya lebih banyak. ada 24 cup seluruhnya. jadi dua kali panggang. alhamdulillah adonan bisa antri dan tidak pengaruh apa-apa.



cake ubi madu

ubi merah biasanya kalau tidak digoreng paling dibikin kolak. padahal buanyak ide lain dari snack tradisional yang menggunakan ubi. pernah juga ubi dibikin kering kaya' bikin kering kentang. enak juga. nah, resepnya ini dari kompas minggu beberapa bulan yang lalu. sudah lama digunting dan disimpan sampai bentuknya nggak keruan. kelihatannya takaran ubinya kebanyakan (punyaku lho!) jadi cakenya basah. tidak sekadar moist. apalagi ada madunya. tapi memang legit. terlalu manis untuk lidahku. secara baru pertama mencoba resep jadi diikuti saja. lainkali pasti dikurangi. madu kan manis, ubi merah biasanya manis, masih ada gula jelas manis banget toh :)
cake ubi madu
bahan :
200 gram margarin
50 gram gula merah disisir halus (saya menggunakan palm sugar saja)
50 gram gula pasir
50 gram madu
100 gram ubi merah dikukus dan dihaluskan
5 butir telur
250 gram tepung terigu
50 gram chocolate chips
1 sendok teh baking powder (saya tidak pakai)

cara membuat :
kocok margarin, gula pasir dan gula merah sampai lembut
tambahkan madu dan terus dikocok rata
masukkan ubi merah halus sambil terus diaduk rata
tambahkan telur satu persatu bergantian dengan tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata
masukkan chocolate chips dan aduk rata seluruhnya
tuang kedalam loyang loaf yang diolesi margarin dan dialasi kertas roti
oven 20 menit dengan suhu 190 derajat kemudian turunkan suhunya menjadi 180 derajat dan oven 25 menit lagi sampai matang

sumber : kompas klasika, minggu, 14 juni 2009
(ada foto step by stepnya juga lho!)

brownies kukus

sudah lama tidak mengukus. demi percobaan kukusan baru hasil jalan-jalan ke pasar dan demi melatih tangan mengaduk sponge cake yang belakangan suka bantet, bikin brownies saja. biasanya banyak penggemar dan habis. resepnya dari buku SAJI variasi brownies kukus. karena belum dipotong, tidak kelihatan lapisan keju cheddarnya yah. sebab setelah dipotong langsung habis dimakan. tapi dirasa lagi, masih enak brownies kukus yang dulu banget dibuat. resepnya sedikit lain tetapi mantap yang dulu. sumbernya sama. tabloid SAJI yang satunya buku SAJI. dulu dibikin bulat meski gambar aslinya loyang loaf. sebab belum punya loyang loaf.

Tuesday, August 11, 2009

rich chocolate cupcakes

niatnya mau dikasih ke tetangga yang ngundang kami ke acara khitanan putranya. tapinya kok luber yah? akhirnya jadi bekal saja. dibagi ke tetangga sebelah saja. yummy and very chocolatey. padahal sudah pakai papercup yang bagus. sebenarnya yang mau ngasih niy niat nggak yah? uhu uhu ...
seorang teman bilang, satu-satunya hal baik yang saya ajarkan hanyalah optimis menghadapi hidup. karena hidup untuk dijalani. apa yang ada didepan menjadi rahasia masa depan. betapa ajaibnya hidup. untuk yang mengenal saya di masa satu dekade yang lalu, isi blog ini satu-satunya hal yang sama sekali tidak mungkin terpikir. katanya, kalau saya bikin kursus karate, lebih terbayang dan lebih mudah diterima. you see, how life goes on and keep on changing ...
beberapa waktu setelah percakapan itu, saya berusaha mengingat siapa dan bagaimana saya ketika itu sampai image tentang saya yang jauh jauh jauh dari dapur. tetapi itu sudah lama sekali. betapa waktu dan ruang yang lama sudah dilewati dan tidak mungkin kembali. betapa mudanya saya pada waktu itu. betapa tidak tahunya saya apa yang akan dijalani beberapa tahun berikutnya. itu sebabnya, hidup hanya harus dijalani sebab apa yang terjadi di depan adalah rahasia masa depan ...
balik ke cupcakes, resepnya dari posting di milis NCC. ada perubahan sedikit saja. coklat bubuknya dilarutkan dengan susu coklat- bukan air panas seperti di resep aslinya & tidak menggunakan baking powder. sisa adonan di mangkok mixer dicolek-colek anakku smapai wajahnya cemang-cemong. enak katanya. setelah matang malah dia nggak mau makan.
rich chocolate cupcakes
bahan :
200 gram margarin
200 gram gula halus
150 gram dark cooking chocolate dilelehkan
4 butir telur
225 gram tepung terigu
30 gram coklat bubuk dilarutkan dengan 75 ml air panas
cara membuat :
panaskan oven dan siapkan papercup
kocok margarin dan gula halus sampai lembut sekitar 10 menit dengan mixer kecil
tambahkan coklat leleh sambil terus dikocok kental
masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok menyatu
matikan mixer
tambahkan tepung terigu dan larutan coklat bubuk secara bergantian dan bertahap sambil diaduk
tuang kedalam papercup
panggang sampai matang

Wednesday, August 05, 2009

cupcakes

cupcake vanila ini resep aslinya dari blog mbak rina. semua bahan diaduk dengan mixer jadinya kental terus dipanggang. saya tambahin chocolate chips. pengennya dikasih topping tapi malesss ... :p
tadinya mau bikin oreo butter cupcake. ternyata punya stok durian agak lama. masih bagus siy. akhirnya dicampur ke adonan sekalian. telurnya dikurangi. mustinya 4 butir jadinya 2 saja supaya kadar air seimbang jadi kuenya nggak benyek. lha mau bikin oreo cake seloyang bulat, eh, dipikir lagi mau dibawa bekal ke kantor. nggak praktis gitu. memang akhir-akhir ini sering dibikin kue potong saja. maless nungguin dua ronde memanggang. katanya mbak ria, mbok ovennya ganti siy, yang bagusan dikit. pengen juga. lagi mikir naruhnya di dapur sebelah mana. kalau yulia makicakes akhirnya di teras depan rumah. terasku sudah habis. depan cuma semeter. hujan panas kena. belakang sudah jadi dapur. didalam rumah penuh dengan beraneka model sepeda dari roda dua sampai roda empat. huehehe. puenuh buanget.

Tuesday, August 04, 2009

cake marmer

minggu lalu saya bikin marmer cake resep dari www.taste.com.au tapi saking keisengan dan sok tahu, malah kebanyakan kadar air. saya tambahin pisang matang 4 buah. jadinya basah banget dan padat. kalau sponge cake, bantet. padahal saya pake krim kental segala. salahe, sok tahu yah :p
tadi pagi sambil maen sama gantengku, mbongkar tumpukan majalah dan buku resep yang -ternyata- sudah segunung. tapi ajaibnya, masih hunting terus resep dari mana-mana. balik ke marmer ini, akhirnya ada edisi SEDAP PEMULA yang khusus tentang cake marmer. saya pilih yang klasik untuk dicoba. tapi masih iseng juga. adonan putih saya tambahin parutan keju antara 75-100 gram dan adonan coklat dikasih chocolate chips dengan jumlah hampir sama. jadi perbedaan rasanya lebih tajam gitu. yang coklat terasa coklat dan putihnya jadi kejuu ...
karena fotografer sedang hobi lembur, saya mutusin untuk foto sendiri. beberapa kali buram. ada lagi terang terus backgroundnya jelek. akhirnya saya coba pakai flash yang buesar itu. diutak-atik akhire nemplok dan bisa nyala juga. hihihi. dasar gaptek. dari 6 jepretan, menurutku, satu ini layak untuk dipajang :)
kalau ada yang tertarik coba, marmernya yang mirip belang harimau ini, saya tuliskan yah.

cake marmer klasik

250 gram margarin

200 gram gula halus

5 butir telur

250 gram tepung terigu

30 gram maizena

60 ml susu cair ( pakai ultra yang low fat)

1 sendok teh baking powder

1/4 sendok teh pasta vanila

untuk gambar marmer : 2 sendok makan coklat bubuk dilarutkan dengan 2 sendok makan susu cair (aslinya air biasa )

cara membuat :

panaskan oven dan siapkan loyang diameter 20 cm atau loyang loaf juga cocok

kocok margarin dan gula halus sampai lembut dan memutih

masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok menyatu

tambahkan tepung terigu dan maizena bergantian dengan susu cair

aduk seluruhnya merata

ambil sebagian adonan dan tuang kedalam mangkok lain

beri larutan coklat dan aduk rata

tuang adonan putih dan adonan coklat bergantian kedalam loyang sampai habis

untuk motif lebih bagus, aduk dengan tusuk sate sampai kedasar loyang

panggang sampai matang


Sunday, August 02, 2009

japanese cheese cake

ini yang seharusnya jadi birthday cake hubby minggu kemarin. sayangnya di hari-hari itu malah tidak ada creamcheese di supermarket yang biasanya ada. akhirnya malah durian butter cake. ada beberapa yang tertarik dengan kepala singa contekan buku. kemudian berniat memesan untuk ulangtahun putranya. sayangnya lagi, saya tepar bvanget setelahnya. kepala rasanya berat banget dan setiap membuka mata, seluruh ruangan berputar-putar dengan kencang. sempat muntah beberapa kali. obatnya mudah dan murah. mandi air hangat, makan dulu, minum antimo dan tidur sampai mual dan pusing tujuh keliling berkurang bertahap.

kamis, jumat, dan sabtu sebenarnya ada jadwal pertemuan profesi di jakarta. saya ingin sekali ikut untuk update dan nambah teman mengingat kantor saya masih sangat muda di daerah yang baru. perlu banyak belajar lagi dan membentuk networking baru juga supporting group. tetapi dengan pusing tujuh keliling tadi, tidak yakin bisa datang. apalagi si mbak kan tidak bisa menginap atau ikut dibawa ke jakarta. kalau si mbak tidak ikut, lantas, siapa yang mengasuh gantengku cintaku sayangku?
setelah berganti rencana sekitar seribu kali dan mempertimbangkan kesehatan, akhirnya berangkat ke jakarta jumat malam. saya ikut sehari saja. teman saya yang sudah nangkring disana sejak kamis bilang, buat apa datang cuma sehari, materi yang penting sudah lewat, kamu rugi bayar mahal. memang bayarnya lumayan mahal. hampir dua juta. belum akomodasi dan transportasi.
tetapi ada motivasi kuat lainnya yang tetap meneguhkan tekad berangkat ke jakarta. pada malam penutupan, ada mbak surip! HAHAHA ... anakku suenneng buanget sama lagu itu. tahu nggak siy? tak gendong kemana-mana ... tak gendong kemana-mana
kukira anakku takut atau berasa bagaimana dengan suara tawanya yang membahana plus tampilannya yang rasta masta apa itu. ternyata pesona lagunya lebih kuat. melihat binar dimatanya, senyumnya, dan tepuk tangannya yang penuh semangat waktu mendengar papanya memasukkan lagu itu ke hape. tak putus-putus lagu itu diputar kecuali battery habis. selama perjalanan saya smsan dengan teman untuk memastikan bahwa kami bertiga bisa masuk dan mbah surip benar-benar tampil di malam penutupan.
sebenarnya anakku sudah ngantuk banget tapi entah kenapa belakangan tidak bisa tidur di mobil. saya kasih tahu kalau kami mau ketemu mbah surip. melek lagi. sampai di hotel venue, tak gendong anakku dengan kain jarik dengan penampilan saya yang mengecewakan karena tidak ada persiapan. yang penting anakku seneng.
ternyata panitia malam itu tidak galak. saya bisa masuk dengan mudah. juga papanya yang sudah lebih siap dengan menyempatkan diri ganti baju di tempat parkir. tepat kami duduk, mbah suri masuk ke ruangan/hall tempat malam penutupan diadakan. anakku langsung seger dan melek byar. tepuk tangan dengan penuh semangat. begitu mbah surip naik panggung, saya minta papanya menggendongnya ke depan panggung. sip lah. jadilah anakku ketemu mbah surip - live show.
paginya saya membatalkan niat ikut upgrading. toh tidak rugi sudah sampai ke jakarta nonton mbah surip. anakku seneng. siangnya masih main di playground sampai puas baru pulang setelah istirahat siang. kami bertiga tidur kelelahan. kami harus segera pulang supaya papanya punya cukup waktu untuk istirahat sebab hari minggu harus lembur. ada kesulitan di pabrik tempatnya bekerja.



sementara papanya lembur saya buat japanese cheese cake ini. waktu manggangnya jauh lebih lama dari yang sebelum-sebelumnya. entah kenapa. lama buanget. sudah khawatir gasnya habis ditengah jalan. alhamdulillah matang dengan sempurna. warnanya juga manis merata. rasanya jelas super duper yummy. saat di jakarta saya sengaja membeli beberapa macam cream cheese. pengen bikin tiramisu juga. sudah beli maascarpone cheese, whipped creamnya lupa. ya sudah. ini - JCC - dulu saja. besok kalau tidak capek, dicicil dulu sponge cakenya. nyari ladies finger nggak dapet.