Saturday, November 29, 2014

SRIBOMBOK GORENG BUMBU KUNING

 adikku sangat gemar kegiatan diluar ruangan. apakah itu berenang di laut, berburu unggas, memancing, berkemah di tepi pantai dan sejenisnya. kalau sebulan saja dia tidak bertemu hutan, pasti kepalanya tidak lengkap lagi. sesegera mungkin, pada kesempatan pertama, pasti lari ke hutan. hutan mana pun. sealami mungkin. selebat mungkin. entah dimana itu. bukan tipe liburan turistik.
 bahkan saat istrinya baru melahirkan beberapa minggu, dia menyempatkan diri berburu. dan mendapatkan burung burung yang malang ini sebanyak 18 ekor. karena istrinya tidak mungkin memasak, burung burung ini terbang ke dapurku. untungnya adikku sudah terpikir meminta orang lain untuk membersihkan sehingga tinggal memasaknya saja. burung kecil ini rasanya gurih, meskipun dagingnya hanya tipis dan liat. supaya bumbunya meresap, dagingnya lebih mudah dinikmati, kuputuskan untuk mengungkep dulu sebelum digoreng renyah tanpa dipotong potong lagi.

 oh ya. burung burung kecil ini juga agak amis baunya. tetapi mengingat mereka hidup di alam liar dan bisa dibilang nyaris bersih tidak ada pencemaran ... seharusnya lebih sehat dan jelas kandungan gizinya lebih tinggi dibanding ayam yang dipiara massal.
semoga posting ini tidak membuatku dikejar kejar pecinta alam atau pecinta binatang. aku sendiri tidak yakin apakah burung burung ini dilindungi atau tidak. nama latinnya apa aku juga tidak tahu.

No comments: