Saturday, December 18, 2010

KAASTENGELS!!!

PFUIH!! akhirnya aku bikin kukis. menyerah dengan kukis. setelah dulu- belasan atau puluhan tahun yang lalu- membantu mama membuat puluhan kilo kukis. bukan untuk mengisi waktu atau sekedar bikin cemilan, tetapi membantu memenuhi kebutuhan hidup.
sesudahnya, belasan tahun kemudian nggak doyan kukis tetapi kemudian, sampai sekitar mundur 5-7 tahun yang lalu, kepingin makan kukis lagi. karena setiap kali ke supermarket langganan, di hari-hari menjelang lebaran, begitu banyak kukis dipajang. apalagi belakangan suka blog walking, buanyak foto-foto lolipop kukis :(
kaastengels, kukis klasik yang selalu dicari di setiap meja di setiap rumah saat lebaran. ada waktunya ketika kami bersaudara berebutan menghabiskan. selain nastar. jadi dipilih kaastengels untuk mengenang masa lalu. thank you ya, niz noz, sudah jauh-jauh bawa keju edam yang kelenger 35 jam perjalanan berbonus jetlag.

http://asri-simplekitchen.blogspot.com/2009/10/kaastengelsn-just-for-u-someone-special.html
Ingredients:
300 gr mentega
200 gr keju tua parut (saya pakai 230 gram sebab seberat kemasan keju edamnya)
400 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk
2 btr kuning telur

Untuk Polesan : 2 kuning telur
Untuk Taburan : Keju cheddar parut.

Directions:
* Kocok mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sebentar saja, masukkan keju, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk rata.
* Tipiskan adonan dengan bantuan plastik lembaran, poles dengan bahan polesan, taburi keju cheddar parut.
* Cetak , tata di loyang. Oven hingga matang. Suhu 125’C selama 20 menit.

tips : sebelum dicetak, adonan kukis dibungkus dengan plastik dan masukkan kedalam kulkas sekitar 20 menitan sambil manasin oven. jadinya renyah. tips hasil blog walking ya. banyak siy, yang nulis. dan benar, hasilnya memang renyah.