Thursday, January 29, 2009

apple cupcake




jalan-jalan sore ketemu kios koran yang lumayan lengkap untuk ukuran kota kecil tempat saya tinggal. ada buku baru dari SEDAP judulnya 'cupcake lezat yang sedang trend'. langsung beli dan tidak sabar membacanya begitu sampai dirumah. besok siangnya tidak sabar lagi mencoba salahsatu resepnya. pilihannya apple cupcake yang kelihatannya bakal segar dan lezat. ternyata ada bahan yang tidak ada dirumah dan malas untuk keluar belanja. tidak ada jus apel. diganti saja -lagi- dengan yoghurt yang tawar. kebutuhan resep hanya 60 ml. padahal kemasannya isi 100 ml. akhirnya saya tuang semua saja kedalam adonan. tetap enak.
apple cupcake
bahan :
100 gram apel diparut kasar (saya pakai apel malang dan diparut dengan parutan keju)
60 ml jus apel siap pakai (saya ganti dengan yoghurt saja)
200 gram mentega tawar dingin (saya pakai margarin biasa malah agak asin)
1/4 sendok teh garam (tidak perlu lagi kan?)
75 gram gula pasir halus
50 gram gula palem (saya tidak punya)
4 butir telur
225 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder (saya sudah lama tidak pakai bumbu-bumbu seperti ini)
bahan taburan:
2 sendok makan mentega tawar dingin
2 sendok teh gula halus
3 sendok makan tepung terigu protein sedang
(saya tidak membuat bahan taburan ini tapi ditaburi irisan almond)
cara membuat :
aduk rata parutan apel dan jus apel.
aduk rata bahan taburan dengan garpu sampai berbutir kasar.
panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius
siapkan cetakan muffin dialas kertas
kocok mentega tawar, gula halus dan gula palem sampai lembut.
masukkan telur satu persatu dengan sebagian tepung sambil diayak dan dikocok rata.
masukkan sisa tepung dan campuran apel dan diaduk rata.
tuang ke dalam cetakan.
beri bahan taburan.
oven selama 25 menit sampai matang.
posting ini mengakhiri blog kejar tayang. karena saya memulai belajar membuat cake ini sudah lebih dari enam bulan yang lalu. saya dan suami membuat sebagian foto-fotonya. menyimpan semuanya sampai akhirnya ada kesempatan untuk membuat blog. sebagai sarana berbagi pengalaman dalam belajar. semoga blog ini bermanfaat untuk siapa saja yang berminat untuk belajar. baking from scratch. tidak terhitung lagi berapa kali cake yang bantat, bolu yang tidak mekar, lapisan yang tidak rata, dan sebagainya.
saya menikmatinya sebagai proses belajar yang gurunya dari siapa saja. dari buku, majalah, koran, tabloid, internet, dan bertanya kepada yang lebih ahli. terima kasih untuk yang sudah membaca dan mendukung selama proses belajar itu. setiap harinya masih belajar.

No comments: