Saturday, January 24, 2009

bolu kukus pandan dan variasinya







bolu kukus pandan keju, bolu kukus stroberi, dan bolu kukus rasa jahe. semuanya berawal dari resep bolu kukus pandan dari buku 'CAKE IRIT TELUR SAJI'.
memang irit telur. sebab hanya menggunakan 2 telur saja untuk loyang bulat 18 centi. dan hasilnya mengembang tinggi sekali. kalau bolu kukus pandan menggunakan santan dan pasta pandan, bolu kukus stroberi memakai susu cair rasa stroberi dan pasta stroberi, sedangkan rasa jahe didapat dari susu dan minuman bubuk jahe instant yang biasanya dijual dalam bentuk sachet.
resep ini terhitung sering dipakai dan diutak-atik. saya mengganti cairannya menjadi minuman soda atau susu cair berbagai rasa. kalau resep aslinya menambahkan fruit mix, saya baru bisa mendapatkan sukade warna-warni. kadang saya menambahkan chocolate chips kalau cairan yang digunakan susu coklat.
yang paling sulit dari resep ini adalah memasukkan tepung terigu ke dalam adonan telur yang sudah mengembang sambil menjaga adonan telur tidak kempes bahkan sebelum dikukus. pernah terjadi? jelas pernah. bantat.

No comments: