Thursday, January 22, 2009

sejarah ...



ini menurut resep yang dicontek adalah putu ayu. dibuat sampai beberapa kali sampai menemukan resep yang benar-benar pas. beberapa resep awal tidak mendapatkan hasil akhir yang baik. setelah dingin, kuenya menjadi keras.

akhirnya ketemu juga resep yang pas. sampai 3 hari, kuenya tetap lembut dan enak. salahsatu jenis kue kukus yang akhirnya sering dibuat.

cetakan kue sakuranya tidak sengaja ketemu. murah meriah. belakangan dipakai untuk mencetak kue apa saja. terlihat lebih cantik dan mudah disantap.

sebenarnya belajar membuat kue sudah mulai lama sekali. pertamakalinya sekitar 30 tahun yang lalu. saat itu tertarik membuat kue hanya karena tampilang kue ulangtahun atau tart terlihat cantik. di kota kecamatan tempat tinggal dulu, tidak ada toko kue yang menjual kue semacam itu.

foto-foto kue yang cantik itu -belakangan saya tahu kalau rasanya belum tentu enak atau belum tentu saya suka- terlihat di majalah-majalah wanita yang sering pinjam dari tetangga yang keluarga berada dan sering bepergian ke ibukota propinsi.

di kota kecamatan sekecil itu, bahan kue yang bisa didapat hanya telur segar, terigu seadanya tanpa merk dan dikilo sendiri oleh pemilik warung, dan gula pasir. saya tidak tahu ada gula pasir yang halus seperti bedak, ada terigu yang lebih baik, dan aneka bumbu kue. tidak ada di toko-toko disana.

sumber informasi pun sangat terbatas. majalah hanya memuat resep. tidak seperti sekarang ada foto step by step. ada penjelasan manfaat bumbu-bumbu kue dan dimana mendapatkannya, dan sebagainya. jadi masa belajar saat itu tidak menghasilkan kue apa pun.

RESEP PUTU AYU

Bahan :

2 butir telur

75 gram gula pasir

125 gram tepung terigu

100 ml santan cair

pasta pandan

Cara Membuat :

1. panaskan dandang atau kukusan dengan api sedang dan bungkus tutupnya dengan serbet bersih.

2. siapkan cetakan putu ayu dengan diolesi minyak goreng atau margarin rata dan tipis saja.\

3. kocok telur dan gula sampai putih mengembang dan tidak ada gelembung busa lagi.

4. masukkan terigu sambil diayak sedikit demi sedikit.

5. tuang santan cair yang sudah dicampur rata dengan pasta pandan sambil diaduk perlahan.

6. tuang ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang.

No comments: