Thursday, April 14, 2011

KUE MANGKOK

HOREEEEEEE ..... kue mangkokku mekaaaaaaarrrrr :))

tepuk tangan dong, penonton eh pembaca. bayangkan, niat mulia saya kan melestarikan warisan budaya kuliner indonesia yang beragama itu. gaya pisan :) tukang tape itu masih setia datang. tape goreng, kolak tape, cake tape dengan berbagai resep sudah dicoba dan bosaaaaaannnn :( keinget jaman saya kecil mama saya suka bikin apem. pakai tape singkong. dikobok-kobok pakai tangan terus dikukus. sayang resepnya tidak baku. menurut feeling mama saja. syusyah :( makanya saya bongkar koleksi buku resep itu. cari resep kue mangkok. biasanya warna pink tetapi saya punya fanta orange. jadilah kue mangkok orange. resepnya dari buku Seri Masak Femina yang judulnya "Masakan dan Kue Indonesia ". saya bandingin dengan resep lain, di buku ini prosedurnya lebih sederhana. namanya belajar ya dari yang mudah dulu to. biar jadi dan nggak mutung. rasanya enak dan empuk sampai paginya lho. jadi ... sekarang punya alternatif kue lain dari tape singkong :))

KUE MANGKOK

bahan :

350 gram tepung beras

air secukupnya

150 gram tepung terigu

200 gram tape singkong

400 gram gula pasir

200 ml air hangat

2 sendok teh soda kue

250 ml air soda ( saya pakai fanta orange kalengan )

1 sendok teh vanili bubuk ( tidak punya )

pewarna ( oranye )

cara membuat :

taruh tepung beras dalam timbangan dan perciki air dingin sampai beratnya menjadi 500 gram, sisihkan.

masukkan tepung terigu ke dalam tepung beras, tambahkan tape singkong dan gula pasir.

aduk rata.

tuangi air hangat dan uleni sampai licin sekitar 10 - 15 menit.

tambahkan soda kue, air soda, vanili, dan pewarna.

panaskan cetakan kue mangkok didalam dandang yang airnya sudah mendidih selama 5 menit.

kemudian tuang adonan kedalam cetakan sampai 3/4 penuh.

kukus dengan api besar selama 20 menit hingga matang.

catatan :

jangan membuka tutup dandang selama waktu tersebut agar kue tidak kempes ketika dikeluarkan.

bungkus tutup dandang dengan serbet bersih agar uap air tidak menetes ke atas kue.

kecuali anda menggunakan klakat yang limas atau dandang bertutup kaca.