Tuesday, November 17, 2015

BOTERKOEK dari holland

 lamaaaaaa banget blog ini diabaikan. padahal dulu rajin banget update. rajin nyoba resep. rajin mencatat disini. gara gara kesandung grup traveling. setiap hari ngikutin obrolan mereka yang hobi menjelajah dunia. mengalami banyak hal yang tidak hanya menyenangkan, tetapi berharga untuk mengisi jiwa. ikut ikutan sibuk mantengin website maskapai penerbangan. kali kali ada tiket promo yang terjangkau. padahal ... nyaris mustahil bisa pergi.huh.

 jadi kita bepergian melalui cita rasa kue ini saja. jauuuh ke belanda sana. kue ini teksturnya antara cake dan cookies. kering tidak basah juga tidak. enak dinikmati saat masih hangat dengan teh tawar. yuummm lezzaaaat deh. resepnya dapet dari fesbuk. ada yang post ini kemudian viral dan banyaaak banget yang re bake. semuanya berpendapat sama. enak rasanya dan mudah sekali dibuat. apalagi kalau pakai butter atau mentega yang berkualitas tinggi. pasti deh, kelezatannya akan mengalahkan kegalauan.
sebelum rebake, sempat blog walking dan googling. namanya yang benar kayanya boterkoek alias kue mentega. entah kenapa menjadi populer dengan nama lekker holland. kalau gooling dengan keyword boterkoek, keluar gambar kue ini dalam loyang bulat tipis seperti loyang pie. permukaannya digurat gurat dengan garpu saja. dan kebanyakan polos tanpa hiasan atau taburan apa apa. ada juga yang membuatnya dilapis dengan paste almond. almond dihaluskan dengan gula halus.
tetapi kalau keyword nya lekker holland, keluar gambarnya dalam loyang kotak dengan macem macem taburan. kadang kismis kadang almond.
 BOTERKOEK
lekker holland
dari mbak dame tobing di fesbuk natural cooking club

bahan : 
200 gram mentega atau butter ( saya pakai hollman sisa belanja ulangtahun )
150 gram gula pasir halus
1 butir telur dan 1 kuning telur
1 sendok teh vanili ( g punya dan menurut saya bagus menonjolkan wangi butternya saja )
1/2 sendok teh garam
250 gram tepung terigu ( saya setoknya hanya segitiga biru )

taburan :
seadanya saja 
boleh keju cheddar parut boleh kismis atau polos saja

olesan :
1 kuning telur dikocok lepas

cara membuat :
siapkan loyang persegi ukuran 22x22cm alasi kertas dan oles margarin
panaskan oven 180 derajat 
kocok margarin gula dan telur sampai lembut dengan kecepatan rendah saja
masukkan tepung terigu dan garam sambil terus dikocok
tuang dan ratakan kedalam loyang
olesi dengan kuning telur kemudian beri taburan
 panggang sampai matang
kemudian potong potong dan hidangkan


No comments: