Friday, January 23, 2009

BROWNIES KUKUS ala tabloid SAJI


hmmm ...
ini adalah hasil membuat cake kukus yang sangat berhasil. sampai pengen menghias segala. adanya cuma keju dan selai coklat. jadinya seperti di foto. resep brownies kukus ini dari tabloid SAJI menjelang lebaran 2008. di tabloid pakai loyang loaf dan dihias dengan keju dan coklat beras. saya hanya punya loyang-loyangan bulat. untungnya saya pas memilih ukuran yang sesuai.
browniesnya kelihatan sangat hitam sebab terlalu banyak menggunakan bubuk coklat. salah baca resepnya. alhamdulillah rasanya tetap enak terutama menurut lidah saya yang memang tidak suka manis. jadi sudah menjadi kebiasaan saya selalu mengurangi takaran gula dalam resep. memang ada juga siy yang komplain. tetangga sebelah yang sering saya minta icip-icip. kok nggak manis siy, mbak? uhu uhu ...
karena yang pertama sukses, saya mencoba yang kedua tetapi kehabisan dark cooking chocolate. hasilnya berbeda. warnanya jadi coklat muda dan seperti bolu biasa. kurang legit.
dibanding brownies yang dipanggang, setelah mencoba beberapa kali dengan resep yang berbeda, saya lebih suka dengan brownies kukus yang ini. resepnya mudah diikuti dan rasanya enak. saya menyimpan baik-baik resepnya. sebab jelas hasilnya memuaskan. he he he ...
meskipun sudah dihias, brownies kukus ini tidak jadi kue ulangtahun juga. sebab bikinnya jauh hari sebelum ulangtahun anakku. setelah mencoba beraneka resep, setelah dekat ulangtahunnya, malah bingung mau bikin yang mana. akhirnya bikin yang masih dikukus juga tetapi tidak dihias. lumayan buat cemilan eyang-eyang dan para oom dan tante.

2 comments:

Unknown said...

Minta resep yang ini dong Mbak

for the love of my life said...

halo mbak titta ...kayanya kalau resep yang ini saya perlu waktu untuk nyari lagi, sebab jadul sekali resepnya. bagaimana kalau sementara ini mencoba resep yang lain dulu? tolong ingatkan saya kalau kelamaan nyarinya ya.