Friday, August 15, 2014

menbuat sus alias making choux pastry

diatas adalah foto dari adonan rebusan margarin dan air yang sudah dicampur dengan tepung. setelah rebusan mendidih, api kompor dimatikan dahulu, masukkan tepung terigu sekaligus kemudian diaduk sampai rata dan nyalakan lagi apinya sambil terus diaduk dengan kuat cepat sampai adonan terlihat kalis mengkilat dan tidak ada lagi titik titik tepung terigu yang terlihat. dinginkan. sebaiknya selama pendinginan tetap sambil diaduk aduk. kalau saya siy g kuat ngaduk terus, tetapi sesekali saya aduk juga :D



 siapkan telur yang diminta oleh resep. setelah adonan tepung dingin, telur dimasukkan satu persatu sambil dikocok atau aduk kuat merata dengan sednok kayu
 saya memilih menggunakan mixer untuk mengocok telur kedalam adonan sebab makin lama adonan kental dan makin berat dikocok. padahal kita harus mendapatkan adonan yang kental licin mengkilat sebelum bisa dicetak dan menghasilkan sus yang berongga sekaligus lembut untuk diisi.
 lihat tampilan adonan setengah jadinya. masih gerenjulan dan masih ada sisa telur. saya menggunakan kira kira 12 telur kemudian dibagi jadi 3 tahap. pecahkan 4 butir kocok rata pecahkan 4 lagi kocok lagi. metode yang baik sebenarnya telurnya dikocok lepas dulu supaya lebih cepat tercampur dalam adonan.
 tampilan adonan yang sudah siap untuk dicetak baik dengan sendok atau spuit bintang besar atau tanpa spuit. jujur saja, saya mengurangi sedikit telur supaya saat matang, pada sus, masih ada pola pola spuit, ada motifnya gitu. biasanya pada adonan sus yang lembut, motifnya hilang saat dipanggang.
 saya pakai gelas besar untuk membantu menahan adonan saat dituang kedaam plastik segitiga. kalau anda bekerja sendiri, ini sangat membantu. termasuk saat memasukkan buttercream atau apapun yang perlu dimasukkan dalam plastik segitiga. lebih cepat, lebih bersih, dan mudah. saya mendapatkan ide yang luar biasa ini dari blog lain. sayangnya saya lupa dimana. saya berutang terima kasih sekaligus berutang membagikan ide ini kepada blogger atau pembaca blog yang lain. jadi inilah pembayaran utang saya. thank you for your great and helpful idea :D
 setelah semua adonan dibagi bagi dalam plastik segitiga, saya siapkan spuit dan loyang yang sudah dioles margarin dan ditabur tepung terigu tipis tipis merata.
 saya sengaja membuat sus yang ukurannya sangat besar. setelah matang diameter bawahnya sekitar 10 cm. biar puas dan kenyang makannya wkwkwk
 memang tidak sama persis tetapi kira kira lah ... :D
 setelah dioven sekitar 30 menit dalam suhu nyaris 200 derajat mengembang sempurna dan motifnya masih terlihat tetapi tetap empuk

 besar besar sekali kan?
setelah diisi dengan vla vanila maka siap disantap atau diplastik dahulu supaya bersih dan awet lembutnya. lihat rongganya yang luas. tetapi saya hanya membuat sekedarnya saja untuk mengisi rongga sebesar itu. lainkali diisi ragout pasti enak sekali sebab rongganya besar.
resep kulit sus sudah beberapa kali saya share disini ya. rasanya mirip mirip. tetapi resep enak cocok buat saya dari tabloid SAJI. atau majalah SEDAP. meskipun sus saya pertama kali dari resep NOVA.

risoles isi sayur

 saya berusaha membuat risoles yang lebih ekonomis. dengan menggantikan susu cair uht dengan susu bubuk curah beli di tbk yang dilarutkan dalam air matang. dengan bumbu merica dan garam sudah terasa enak kok. kemudian isiannya hanya tumisan wortel buncis suun dan orak arik telur. tetapi ternyata perubahan harganya belum signifikan. sebab minyak gorengnya saya masih pakai yang kemasan bermerk beli di supermarket. well, bertahap dicari ramuan yang pas untuk produksi massal yang harganya ekonomis.
resep kulit risoles
bahan :
200 gram tepung terigu
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
2 butir telur
4 sendok makan susu bubuk
700 ml air 
3 sendok makan minyak goreng
masukkan semuanya kedalam tabung blender dan proses sampai halus lembut kemudian didadar tipis tipis

resep ini menghasilkan sekitar 30 lembar kulit dadar ukruan 14 cm an

klappertart resep NCC


salahsatu jenis custard pudding. dipikir pikir beda dikit sama bubur sumsum ya. hanya dimasak sampai kental saja. ada versi klappertart yang setelah dimasak meletup letup, langsung dimasukkan kedalam pendingin. tidak dipanggang lagi. dan secara umum, memang paling enak disantap dingin. kelihatannya, pendududk dirumah ini sudah bosan dengan klappertart. beberapa resep sudah dicoba dan dinikmati hasilnya. selain terlalu manis menurut selera saya, enak lembut dingin ...

Saturday, July 26, 2014

baked spaghetti with smoked beef

 rasanya saya bukan satu satunya yang suka blogwalking atau browsing lalu mengkopas resep resep beraneka macam sampai ratusan atau ribuan, malah saya sering juga nge print resep resep itu, sampai berjilid jilid, kemudian kalau ke toko buku, di mana pun, masih juga beli beli beraneka macam buku resep, masih pula ditambah berlangganan majalah dan tabloid masakan ... wkwkwk tetapi dari sekian ratus ribu atau jutaan resep itu, berapa persen yang akhirnya dipraktekkan? :D kalau saya siy suka ngeles, semua itu kan ajdi referensi, dan tiap buku/majalah/tabloid sering berbagi resep dan tips dan tricks yang akhirnya saya pakai tips and tricksnya saja, resepnya belakangan. tetapi, kesindir pas blogwalking soal nyimpen resep tanpa dipraktekkin, pelan pelan saya mau baca baca lagi semua koleksi resep dan satu persatu dicoba yang paling menarik. menarik resepnya, kira kira juga mudah, dan bahannya mudah didapat. beberapa post saya terakhir juga berasal dari majalah dan buku kan? kali ini asal resep adalah dari boklet hadiah yang biasanya attached di majalah atau tabloid. jangan meremehkan resepnya, memang iklan siy, tapi yang bikin dan praktek resepnya kan tetap dari majalah yang terpercaya. saya tidak mengikuti resep sepenuhnya karena tidak punya. tetapi secara garis besar dan bahan utama tetap sama. hasil akhir buatan saya sedikit asin, asal taruh garam tanpa bisa icip, kan masih puasa :p
hari ini mungkin puasa terakhir ramadhan tahun ini. mungkin tadi pagi adalah sahur terakhir ramadhan tahun ini. terselip rasa sedih dan kecewa karena ramadhan berakhir. semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita di bulan ramadhan ini, mengampuni semua dosa dan kesalahan, memberi kesempatan untuk bertemu ramadhan lagi tahun depan, dan memberi kekuatan untuk tetap menjalankan ibadah seperti di bulan ramadhan meskipun ramadhan tahun ini telah usai. amin.

Wednesday, July 16, 2014

SUS GULUNG ISI ABON

 resepnya dari buku SAJI tentang sus layak jual. ada yang pakai topping, ada yang isiannya menarik, ada yang bertumpuk, ada yang bergulung, bermacam variasi yang memang mudah dilakukan untuk adonan sus. baru kali ini membuat yang digulung. ternyata menggulung sus juga tricky. menurutku hasil gulunganku kurang menarik, kurang mulus atau kurang rapi. olesannya musti tipis rata supaya gulungan melekat rapi, kayanya. dan ini bisa dibilang isian yang paling mudah. mayonaise dan abon. tinggal oles saja. tidak pakai ribet.
SUS a la SAJI
bahan untuk sus :
200 gram margarin ( saya pakai margarin saset )
400 ml air 
1/2 sendok teh garam
250 gram tepung terigu
180 gram telur dikocok lepas ( punya saya sedikit kelebihan telur sebab setelah dipecah, ternyata ada yang punya dua kuning telur! )

cara membuat :
rebus margarin, air, dan garam sampai mendidih kemudian matikan api kompornya terlebih dulu, masukkan tepung terigu dan aduk rata dengan cepat, nyalak lagi api kompornya hanya dengan api kecil, terus aduk sampai kalis, dinginkan
masukkan telur sedikit sedikit sambil diaduk dan setelah adonan sudah solid baru dicetak dengan spuit polos, pada loyang ukuran 22x22x4cm sebanyak 2 loyang
panggang dengan panas oven 190 derajat sampai hilang buih buihnya dan permukaan bersih kering baru diangkat
setelah agak dingin olesi mayonaise dan salahsatunya ditabur abon, gulung sambil dipadatkan

Tuesday, June 17, 2014

HUZARENSLA - a salad from holland


 salahsatu makanan favoritku, yang dulu dulu adanya, atau ketemunya, pas di kondangan. jadi pasti tak scanning dulu meja panjang prasmanan, kalau ketemu menu ini, yang lain lewat aja. apalagi kalau ada taburan keju cheddar parut yang banyak diatasnya. lebih sedap deh. dulu ya, tidak terpikir kalau bisa membuat sendiri. hahaha ...
beberapa waktu lalu, menu utama di majalah SEDAP, ada salad segar dari berbagai negara. salahsatunya, huzarensla ini, kadang ada juga yang menyebutnya dengan selada huzar. orang sana menyebutnya dengan dutch meat and potato salad. dari link ini ada sedikit cerita asal usul http://www.multiculticooking.com/2009/05/19/huzarensalade/
  The Huzaren were Hungarian riders of origin, fighting for the Imperial Austrian armies against the Turks. Huzaren were especially useful to explore hostile territory and once entered they had to blend in with the enemy to remain unnoticed. This made it impossible to burn a fire for cooking, so the Huzaren took prepared food along. By mixing this food a cold salad was created which was soon know as ‘Huzarensalade’. (Source: Wikipedia – The Netherlands )   

 HUZARENSLA
salad dari Belanda
resep dicontek dari majalah SEDAP Edisi April 2014

bahan :
250 gram kentang dikukus, dipotong kotak
1 buah wortel import, potong kotak, rebu
75 gram buncis, potong 1 cm, rebus
100 gram buah bit, potong kotak, rebus
1 buah apel, kupas, potong kotak, rendam dalam air es 200ml + 1 sendok teh air jeruk lemon
100 gram nenas, potong kipas kecil
3 buah daging burger, tumis sebentar, potong kotak
2 butir telur rebus, pisahkan kuningnya, putihnya dipotong kotal
6 lembar daun selada (skip-lupa beli soale)

dressing :
325 ml susu cair
25 gram maizena
2 kuning telur rebus dihaluskan
50 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh mustard
1 sendok makan cuka masak

campur susu cair, maizena, kuning telur, gula pasir, garam dan merica bubuk sampai rata dan masak sampai meletup letup
tambahkan mustard dan cuka, aduk rata lagi kemudian angkat dan sisihkan

acar, semua bahan diaduk rata, sisihkan dulu :
1 buah ketimun jepang potong kotak
1 sendok teh cuka
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh garam

cara penyajian :
campur kentang, wortel, buncis, bit, nenas, apel, acar ketimun, putih telur rebus, daging burger lalu aduk rata
siram dengan dressing
sajikan segera
 
kaya'nya resep dressingnya berbeda beda kecuali satu yang selalu sama yaitu, kuning telur rebus. putih telurnya kan ikut dipotong potong masuk kedalam salad. jadi jenis makanan one dish meal - one stop shopping juga wkwkwk sebab semua kebutuhan gizi ada dalam satu masakan ini. ada buah, ada sayuran, ada susu, ada telur, ada daging, dan karbohidratnya dari kentang. lengkap sekali capluk. 
 mungkin pada dasarnya aku yang suka tipe makanan one dish meal seperti ini. apakah itu gado gado, pecel, rujak cingur, asinan, karedok, atau urap. macem macem buah dan sayur bahkan protein karbohidrat pun ada dalam satu piring.

Sunday, June 15, 2014

steamed white cake




 tidak terasa, bulan juni pun sudah akan berlalu. setiap hari rasanya ada saja yang diolah didapur, tetapi, rasanya tidak sempat atau tidak layak ditampilkan disini. baru setelah membuka kulkas dan menyadari sudah waktunya untuk disortir apa saja yang ada didalamnya. ada berbotol botol selai asli polandia yang dibuat penuh cinta oleh calon mertua adikku. sebotol selai apelnya sudah kubuat untuk isian roti. rasanya yummy sekali, bagaimana pun beda dengan selai dari toko. mustinya kupotret dulu ya ...

 diantara botol botol itu ada sebotol putih telur. kuperiksa dalamnya masih bagus dan cukup kental. lalu teringat resep dan foto cake dari putih telur yang banyak beredar di internet. dari fotonya terlihat padat tapi tetap spongy. berarti waktunya membuktikan resep dengan sisa putih telur ...
 suka sekali dengan metode all in one. semuanya ditimbang dan diukur dituang kedalam wadah lalu dikocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang. ngelirik punya tetangga tetangga, cantik cantik sekali dengan loyang puding atau diwarnai beberapa lapis. lah, giliranku kok cuma marbled aja g begitu jelas ya? hahaha ... tapi selain terlalu manis menurut lidahku, cake ini enak dan mudah sekali dimodifikasi dengan macem macem bentuk loyang dan ditambahi macam amcam pasta. bisa juga ditambahkan remahan biskuit hitam, choco chips atau kismis. oh, ya, dengan tambahan sedikit jus lemon mungkin akan lebih baik. jadi tidak tercium amis telur. terutama kalau telur yang dipakai bukan telur yang segar.



White Cake (by Nina Naura Cakes)
Bahan :
225 gr gula
250 gr tepung terigu
200 ml putih telur
100 ml susu cair
100 ml minyak sayur
1 sdm Cake emulsifier
1/4 sdt vanili
1/4 sdt Baking powder
1/4 sdt garam
kismis
Cara :
Campur semua bahan jadi satu, kocok kurleb 15 menit.
olesi cetakan/loyang dg minyak, masukkan adonan ke loyang
kukus kurleb 50 menit

selamat mencoba resepnya ya. tuh, sudah dikasih contekannya. jangan lupa, takaran gulanya disesuaikan dengan cita rasa masing masing :D


Wednesday, May 28, 2014

puding kopi susu

 sejak dapet hadiah puding cantik itu, jadi pengen banget bisa bikin beraneka puding kreatif yang tampilannya buka cuma di cetakan plastik berlekuk lekuk pola atau cuma dituang digelas atau cuma berlapis. tapi lhaaaa kok jadinya cuma berlapis di gelas. wkwkwk ... ditambah lagi, puding ini dibikin hanya dari puding instant, tinggal tuang, aduk, masak sampai mendidih, cetak. selesai. ternyata teksturenya sedikit berbeda dengan bubuk agar agar biasa. lebih lentur. paduan antara tekstur jelly dan agar agar. mungkin takaran airnya yang sedikit ditambah juga. seandainya pakai resep biasa, mungkin ditambah sedikit bubuk jelly untuk mendapatkan tekstur seperti ini. dipikir pikir, puding instant ini cukup membantu untuk waktu singkat pengen puding tetapi g mau repot repot berhitung dan mencari resep. hmm ... jadi inget utang kasih hadiah setelah keributan di sekolah niy :(
 ternyata lagi, prosedur melapisnya terlambat. bagian bawah sudah set meskipun masih hangat. jadi bahkan ketika adonan bagian atas dituang masih panas juga, kedua lapisan itu tidak mau melekat satu sama lain. pfuih. jelas hal yang tidak bisa diterima kalau mau bikin puding tart seperti hadiah kemarin. lha lapisane lari lari g mau akur gitu. setidaknya ini pelajaran penting untuk memperhatikan waktu melapis dari pertama dan kedua dan selanjutnya. lainkali dicoba lagi deh :)

Friday, May 16, 2014

my birthday gift

 see, Allah tidak membiarkanku bersedih menangisi hal hal yang tidak penting. dan puding tart ini benar benar made MY DAY! cantik sekali dan dikirim oleh seseorang yang sangat tidak terduga. akhirnya ada yang duduk bersamaku menikmati cake ulangtahunku. hahaha ... terima kasih doa doanya dan hadiahnya. doa yang sama untuk mbak berdua.
 ide menarik untuk alternatif cake ulangtahun yang model lama ya. segar dan cantik. dijamin semuanya sukaaaaa. 
 
this cozy warmy cutey bantal ini datang tepat pada harinya. dari keponakanku yang cantik. pengennya siy dia disini, tinggal bersamaku, sekolah bareng anakku, sementara bapak ibunya mengunjunginya sebulan sekali. hihihi terbayang pertempuran yang harus kuhadapi setiap harinya. dia dan anakku selalu gelut gelut manis setiap kali bertemu. gelut tetapi kalau salahsatu tidak ada juga saling mencari :D
ini hadiah dari adik bungsuku dan isterinya. dipaketkan dari pedalaman blora sana. belalang goreng hmm slurpp yummy ... anakku ternyata bisa makan dan tidak alergi. wew, itu modal yang baik untuk selanjutnya liburan adventure lagi :D
 happy birthday to me 
happy birthday to me
happy birthday to me
happy birthday happy birthday happy birthdat to me!
 

my birthday cake my ferrero rocher cake

 sudah ketujuh ratus kalinya berusaha update dan upload ke blog ini. sampai habis battery dan sampai panas modemnya. entah wilayah ini yang susah dijangkau atau memang provider ini yang tipu tipu. murah tapi super duper lemoth padahal kuotanya masih banyak pfiuh :( g enaknya dianggep tukang kue begini niy, ulangtahun mesti bikin kue sendiri, pasang lilin dan nyalain sendiri, tiup sendiri, dan makan sendiri. tapi enak juga siy sebab kuenya sesuai seleraku sendiri dengan biaya jauh lebih murah dibanding pesan :D
 setelah disusun dilapis dengan selai cokelat, disiram dan dipoles dengan ganache, sekeliling kue ditaburi dengan chocolate chips dan dihias dengan ferrero rocher 3 jenis. ternyata ferrero putih itu bertabur kelapa parut kering. jadi ada rasa gurihnya. menurutku siy tidak begitu yummy paduan east meets west nya. intinya, very chocolatey. dan jujur saja jadi eneg kalau terlalu banyak meskipun setelahnya masih nagih potongan selanjutnya :D thank you, my dear sister, for all of those chocolates

 happy birthday to me
happy birthday to me
happy birthday to me 
happy birthday ... to ... me ...
 bener banget ya, kita tidak bisa memiliki segalanya tetapi hanya bisa mengurangi sesedikit mungkin ketidaknyamanan. ajaibnya lagi, pas lagi sedih susah pengen mewek dan butuh bahu yang hangat untuk mencucurkan airmata, dan sei pemilik bahu yang diharapkan adalah bayangan saja, Allah mengirimkan bahu bahu lain yang tidak diduga ada. memberikan bahunya untukku bersandar, mengusap airmataku, dan mendoakan kebahagiaan pada hariku kemarin. Allah tidak tidur.
 layeringnya juga bagus meskipun pakai ilmu kira kira. mustinya ditimbang supaya presisi. tapi ini ilmu lirikan mata dari loyang ke loyang. alhamdulillah, pelajaran baru dan rasa baru di tahun kesempatan yang baru. salahsatu temanku mengingatkan artinya kesempatan hidupku telah berkurang satu tahun lagi. introspeksi lah pada apa yang telah terjadi dan berbuat sebaik baiknya lah di masa depan mulai hari ini. agar sisa hidupmu tidak sia sia.