Friday, May 27, 2016

PUDING LUMUT

 di timeline facebook, bebebrapa kali keluar foto puding lumut ini. kelihatan segaaar gitu. awalnya kukira puding tape ketan hijau. tapi kok bisa ada lapisan beningnya ya. setelah ketiga atau keempat kali, dibaca deh, caption di fotonya. punyanya mbak vitria sujamto. eeeh ... ternyata kombinasi santan, jus pandan dan telur. hmm ... mengundang masuk dapur nih.
 abis nge derop ke sekolah, langsung deh, ke pasar. macam macam dibeli. pulangnya, sambil nyetir pulang, bingung juga tadi kombinasi belanjaan bisanya dimasak apa ya? ada kerapu, patin, udang, brokoli, wortel, tomat hijau, kacang panjang, buncis, sawi putih, cabe merah besar, pisang kepok, kelapa parut, air kelapa, nangka muda, labu siam, kembang kol, kentang, hmm apalagi ya? mulai jam 09.15 kelar jam 12.45. yang mateng sayur lodeh isinya wortel, kacang panjang, dan labu siem juga cabe merah besar. ada sayur bening isinya timun,  kacang panjang, wortel, labu siam, tomat hijau, seledri. ada tumis udang, brokoli, wortel, saus tiram. ada sop isi daging sapi, kentang, wortel, buncis, daging asap. santannya jadi puding lumut. eeeh ... waktunya jemput sekolah belum mandi. ngebut deh mberesin dapur, mandi, sholat dluhur cuuussss sekolaaaah.
puding lumut
timeline vitria sujamto
resep sudah diutak atik sesuai skill masing masing yaa :D

bahan :
2 bungkus agar agar bening
200 gram gula pasir
200 ml santan kental instant
500 ml santan sedang dari kelapa parut
700 ml air matang
3 butir telur
1 sendok teh pasta pandan
sejimpit garam

cara membuat :
rebus agar agar, air, gula pasir, dan garam sampai mendidih
sementara itu campur 2 macam santan dengan 3 butir telur dan aduk kuat kuat atau pakai blender sekalian sampai tercampur rata
setelah adonan agar agar mendidih, tuang adonan telur dan tambahn pasta pandan
aduk aduk terus sampai mendidih lagi
tuang kedalam loyang atau cetakan agar agar
diamkan sampai mengeras dan siap dihidangkan

Thursday, May 26, 2016

cake lapis mocca

 saking lamanya, lupa deh, ini resepnya yang mana, wkwkwk ... nanti dicari dulu deh. diedit lagi kalau sudah ketemu. yang keinget cuma metodenya kaya chiffon cake. ada adonan pasta kemudian dicampur dengan meringue. sesudah itu baru dipanggang. hasilnya lembut tidak seret. sayangnya tidak punya filling yang enak. jadi cuma krim ditaburi meises aja. enak enak enak :D




puding susu mozaik

 udara panaaaas sekali hari ini. cuma puding yang memahami isi hatiku. setelah coba coba resep resep, kayanya baru ini yang layak tayang. hasil menggabungkan beberapa ide, disesuaikan dengan selera dan isi lemari dapur. rasanya lembut manis manis jambu dan setelah masuk kulkas, tanpa vla, rasanya segaaar gitu. seperti puding puding lainnya, modalnya cuma kompor, panci dan sendok kayu buat ngaduk aja. kalau punya loyang beraneka bentuk. hasil akhirnya akan lebih cantik lagi.
 puding susu mozaik

untuk mozaik merah :
1 bungkus agar agar bubuk warna merah
100 gram gula pasir
700 ml air
semuanya dimasak sampai mendidih dan tuang kedalam wadah persegi.
dinginkan dan setelah mengeras dipotong kotak kotak kecil. sisihkan dulu.

untuk mozaik hijau :
bahan dan cara membuat sama persis.

siapkan loyang agar agar dan basahi dengan air minum. susun mozaik yang sudah dibuat kedalam loyang. diacak atau ditabur atau mau disusun sesuai selera saja. 

puding susu :
1 bungkus agar agar bubuk putih
1 bungkus jelly plain
200 gram gula pasir
1400 ml susu cair putih
aduk seluruh bahan sampai rata kemudian nyalakan api dan masak sampai mendidih
tuang kedalam loyang yang sudah berisi mozaik tadi
dinginkan sampai mengeras
siap dihidangkan
 
kacian deh, blognya nyaris jamuran. 2 bulan tidak ditengok apalagi update. nampaknya baru kedua kali kejadian begini. macem macem yang terjadi menghilangkan mood ke dapur. semoga ini yang terakhir deh. oh ya. sedikit tips. kalau hasil dari mozaik nya tidak terlihat jernih, mungkin karena gula pasirnya, bisa disaring dulu sebelum dituang kedalam loyang. dan kalau ingin warnanya lebih hidup, silakn ditambah pewarna makanan lagi. atau bisa juga pasta strawberry untuk  mozaik merah. pasta pandan untuk mozaik hijau. mozaik bisa 2 atau 3 warna. bentuknya juga bisa bermacam macam.

Monday, February 22, 2016

brazilian carrot cake

ini resep yang sangat mudah. dari facebook. sayangnya rasa soda kuenya terlalu berjejak di lidah. entah bagaimana mengatasinya. 

brazilian carrot cake
bahan :
3 buah wortel ukuran besar dikupas dicuci bersih dan potong potong
3/4 cup minyak goreng
3 butir telur
2 cup tepung terigu
1 1/2 cup gula pasir
1 sendok makan soda kue atau baking soda
kismis atau kacang kacangan sebagai topping atau dimasukkan kedalam adonan

cara membuat :
siapkan loyang tulban ukuran 22cm diolesi dengan margarin dan ditaburi tepung terigu
panaskan oven 180 derajat
wortel, telur dan minyak goreng diblender sampai halus, sisihkan dahulu
 ayak tepung terigu dan aduk rata dengan gula pasir dan baking soda
tuang adonan telur kedalam mangkok tepung terigu
aduk rata dengan sendok besar sampai rata ( disini saya menambahkan kira kira 50 gram kismis )
tuang kedalam loyang dan panggang sampai matang
tuang kedalam loyang

baked cheesecake

 satu hari ke lottemart. ada filling keju dari kraft yang lumayan murah. meskipun beratnya 1 kg, tetep dibeli. diinget inget si papa kan suka roti isian keju. tapiiiii sudah beberapa waktu kemasan 1 kg tetep utuh. g mungkin dong tiap hari bikin roti keju. jadi mulai deh nyari nyari resep yang pake keju isian. mirip cheddar tetapi lebih lunak. meleleh kalau didalam roti yang masih panas, enak. akhirnya dicoba dijadiin cheese cake saja. kan mudah membuatnya dan menggunakan 500 gram. sebagian sih sudah jadi isian roti yang empuk yang lagi booming di facebook. jadinya terlalu asin untuk cheesecake. ditambah malas ngasih topping ya gitu deh.
baked cheesecake
inspirasi resep dari mana mana

bahan alas :
300 gram biskuit ( saya pakai cookies kalengan ngabisin setok )
75 gram margarin dilelehkan ( pakai palmia )

isi :
500 gram keju isi dari kraft ( bukan iklan lho, cuma ngasih tahu aja )
2 butir telur
100 gram gula pasir ( harusnya lebih banyak lagi supaya mengurangi rasa asin kejunya )
1 sendok teh vanila

cara membuat :
siapkan loyang bongkar pasang ukuran 20cm
alasi dengan kertas roti dan diolesi margarin
panaskan oven 160 derajat
siapkan juga loyang lain lebih besar untuk merendam loyang adonan kue
hancurkan biskuit dan campur dengan margarin leleh
tuang kedalam loyang dan padatkan  
oven 10 menit dan sisihkan dulu
sementara itu kocok keju isian dan gula pasir dengan kecepatan rendah sampai lembut
masukkan telur satu persatu kemudian vanila
kocok sampai tercampur rata
tuang kedalam loyang kemudian panggang sampai matang dengan cara ia bain marie atau waterbath
setelah matang diamkan dalam oven dahulu sampai agak dingin
setelah dingin masukkan kedalam lemari es minimal 4 jam
beri topping dulu baru disajikan

Sunday, January 31, 2016

THE KILLER TOAST

 lama banget g bikin roti. males lamanya itu. ngulen ya g capek sih. tapi prosedurnya panjang. manggangnya bisa cepat apalagi kalau 2 oven dinyalakan sekaligus. mateng semua dalam setengah jam. sayangnya rugi kalau 2 oven bekerja sekaligus padahal cuma pengen nyobain resep aja. sedikit pula. jadi berdoa mengusir kemalesan dulu kalau mau bikin roti.
 dipandang pandang, di kulkas masih ada 1 dus isi 2kg filling keju. belum diapa apain. mau sampai kapan ya? keburu jamuran. abis g ada kemasan kecil. cuma ada 1 dan tidak setiap supermarket atau tbk menjual filling keju ini. padahal si papa suka roti dengan isian keju, biasanya.
 dibaca baca kok akhir akhir ini pada bikin roti lagi ya? hmm ... reviewnya bagus. serat lembut roti empuk. kedengarannya enak. ditambah kadang kadang hujan. minggu minggu gini kayanya cocok bikin roti. memang mednung tetapi udaranya lembab. tetep aja kepanasan dan keringetan terus.
 lihat serat rotinya. tampak rapat kan. memang roti ini enak dan empuk. sayangnya pas makan roti enak empuk ini tiba tiba teringat film the 33. membayangkan keadaan mereka tanpa makanan memadai. oh, aku suka film tipe seperti ini. memang sih berakhir bahagia. meski tidak sepenuhnya bahagia sebab para penambang itu tidak mendapatkan kompensasi apapun dan pemilik tambangnya dinyatakan tidak bersalah. menurutku ya bersalah wong dia mengabaikan keselamatan dengan tidak membangun tangga darurat. lha, ngelantur. roti kok jadi film ya.

killer soft bread
ingredients (450g loaf pan)
260g bread flour
3g instant dry yeast
160-180g egg (use ONE XL egg) + full cream milk
30g sugar (10g if making a salty toast)
2g salt (6g for salty toast)
30g butter

 – mix all ingredients (except butter) together and knead till you get a silky and elastic dough

– incorporate butter and knead till window pane stage (crucial)

– divide dough into 3 portions, then roll out flat. swiss roll, and place into greased loaf pan

– rise till dough reaches 90% of height of pan

– bake in preheated oven of 170 degrees C, second lowest rack for 45-50 mins, tenting bread with foil if it browns too quickly

image
resep aslinya tidak pakai isian apa apa ya. tetapi punyaku tak isi keju dan sebagian cokelat lalu sebagian lagi tanpa isi. sederhana sekali resepnya tetapi rasanya enak banget. karena bikin 3 resep jadi 2 loyang loaf/roti tawar dan 10 roti @50 gram. lezatos memang :)

Friday, January 22, 2016

KUNYIT ASAM

 didepan rumah, ada pot semen memanjang, yang sebenarnya berfungsi sebagai pembatas supaya tidak kecebur sungai. tetapi dibikin  jadi pot. lumayan pemanis rumah. bertahun tahun isinya hanya melati. pernah ditambah asoka tapi hasilnya kurang bagus. melati ini, kalau sedang musim, tumbuh baguuus ... daunnya lebar lebar berwarna hijau tua, ranting rantingnya menjulur sehat, dan banyaaak sekali bunganya putih putih semerbak. 
satu hari, karena sering beli bumbu dapur tetapi sering juga tidak habis digunakan, daripada dibuang, ditaruh aja, disela sela melati itu. berarti sudah hampir 2 tahun berjalan. kebanyakan kunyit dan kunci. lengkuas banyak habis. kencur sedikit. lama lama kok melatinya kurus, kering rontok, dan akhirnya beberapa pokoknya mati. rupanya rempah rempah yang ditanam itu tumbuh. dan dari beberapa jenis, yang tumbuh agresif hanya kunyit. tetapi sayang juga melatinya mati. jadinya minta tolong tukang becak yang mangkal depan rumah. minta bersihkan pot semen itu dari kunyit. ternyata banyak juga. ada barang sekilo dua kilo. dibuang kok sayang ya. dimasak ya g mungkin juga bikin nasi kuning berapa kuintal yah. wkwkwk ... 
akhirnya kepikir dibuat kunyit asam. biasanya beli di tukang jamu kan 2000 rupiah segelas kecil. browsing dulu deh nyari resepnya.
 yang cepet kebuka resep dari cookpad. dibaca baca kok kayanya mirip mirip yah, resepnya. satu satunya cara untuk menemukan yang paling enak, harus dicoba salahsatu, kemudian dicicip, dan disesuaikan menurut selera. menurutku ini, percobaanku ini sudah oke. tidak kental memang. tetapi lebih segar.
kunyit asam

bahan :
200 gram kunyit
100 gram asam jawa
250 gram gula merah
1500 ml air
1 sendok teh garam

cara membuat :
kunyit dikupas, cuci bersih bersih, dan potong potong
blender dengan sebagian air sampai lembut, sisihkan
tuang sisa air, gula merah, dan asam kedalam panci
masukkan kunyit
rebus semuanya sampai mendidih dengan api kecil sambil diaduk aduk
setelah mendidih, matikan api, diamkan
saring dan siap dihidangkan hangat atau dingin

Cake Marmer ( 3rd )

 apa? cake marmer lagi? yah, long lasting cake for every occasion. sama seperti cake marmer mbak titi rusman, saya contek resep dari timeline fesbuk. kali ini pemilik resepnya adalah mbak rina yuniar. hasilnya juga okeeeeeh deh. lembut dan mudah. bisa pakai cara aduk semuanya sekaligus, tuang, dan panggang. resep yang 'gue banget'. wkwkwk ...
 cake marmer 
resep mbak rina yuniar yang diposting di facebook
recook by me

bahan :
4 butir telur utuh
2 kuning telur
125 gram gula pasir
1 sendok teh emulsifier
1 sendok teh vanila
150 gram tepung terigu
15 gram maizena
15 gram susu bubuk

--- saya tambahkan 3 sendok makan air minum
kemudian kocok semuanya sekaligus dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental dan volumenya menjadi nyaris 3x lipat

100 gram margarin dilelehkan
50 gram minyak goreng
keduanya disatukan dan tuang kedalam adonan sambil diaduk perlahan sampai rata
--- saya ganti dengan 150 ml minyak goreng

ambil sebagian adonan dan beri pasta cokelat
--- saya pakai pasta pandan
buat motif marmer
tuang ke dalam loyang tulban 22cm
panggang sampai matang
lumayan buat nyemil hujan hujan begini. lupakan timbangan yah :D

Wednesday, January 13, 2016

MARMER cake

 bu fatmah bahalwan, pemilik NCC, posting cake marmer yang mengingatkan beliau kepada ibundanya. resep cake marmer itu yang membawa rezeki. kemudian ada lagi NCCer lain yang bercerita hampir sama. namanya mbak titi rusman. karena butuh cake untuk suguhan rapat hari ini. dibaca baca kok kayanya gampang. dari fotonya kelihatan enak :)
 marmer cake
resep mbak titi rusman yang diupload di fesbuk NCC
recook by me

bahan : 
300 gram margarin
250 gram gula pasir halus
6 kuning telur
200 gram tepung terigu
8 gram tepung maizena
10 gram susu bubuk
1/4 sendok teh garam
4 putih telur dikocok terpisah

15 gram cokelat bubuk diseduh dengan 4 sendok makan air panas
loyang tulband diameter 22 cm dioles dengan margarin dan ditabur tepung terigu
oven yang sudah dipanaskan 180 derajat

cara membuat :
kocok margarin dan gula dengan mixer berkecepatan tinggi sampai lembut kira kira 7 - 8 menit
turunkan kecepatan mixer kemudian masukkan kuning telur satu persatu satu bergantian dengan sesendok makan tepung terigu
masukkan putih telur yang sudah dikocok kedalam adonan bergantian dengan tepung terigu sambil diaduk perlahan dengan spatula atau sendok kayu besar
setelah rata seluruhnya, ambil 1/3 adonan, beri adonan cokelat, aduk rata
tuang sebagian adonan putih kedalam loyang bergantian dengan adonan cokelat
aduk dengan tusuk sate atau garpu untuk membentuk pola marmer
panggang sampai matang kira kira 50 menit

resep ini enak, moist, dan terlihat seperti sponge cake. tidak padat seperti umumnya butter type cake. mungkin karena putih telurnya dikocok terpisah.

Wednesday, December 16, 2015

Bolu kukus 250 gram

 bolu kukus 250 gram ini rasanya enak, lembut meski sedikit beremah. mudah dibuat pula. untuk satu resep bisa dipakai loyang tulban diamter 22cm kira kira. sayangnya males banget pake kamera besar. jadi difoto dengan smartphone biasa. jadinya bureng bureng gimana gitu ya.resepnya dicontek dari timeline facebook natural cooking club. lupa namanya siapa. maaf.

bolu kukus
bahan :
250 gram telur
250 gram gula pasir
250 gram tepung terigu
1/2 sendok makan emulsifier
100 ml santan

kocok semua bahan diatas sekaligus dengan kecepatan sedang sampai kental dan berjejak dengan mixer listrik

100 ml minyak goreng
ditambahkan sambil diaduk dengan spatula saja sampai rata
tuang adonan kedalam loyang yang sudah disiapkan
kukus sampai matang sekitar 35 - 40 menit dengan api sedang

3 tahun yang lalu datang ke reuni 25 tahun madrasah tsanawiyah. bertemu dengan banyak wajah asing. tentu saja, 25 tahun  ukan sebentar sehingga banyak wajah yang tidak kukenali. nyaris sebagian besar tidak kukenali. hari hari berikutnya kemudian kami bertukar berita dengan blackberry messenger atau whatsapp. lalu beberapa hari lalu, dapet kiriman sekardus buah mangga podang. buah endemik beberapa kota di jawa timur seperti kediri, blitar, atau sebagian tulungagung. umumnya rasanya asam. tapi senang sekali bertemu mangga kepodang ini, mengingatkan pada masa kanak kanak dulu.
thank you ya, dik :)