Tuesday, June 23, 2015

puding jeruk

 suka sekali sebab sudah mulai mahir membuat puding busa. coba coba berbagai resep. tetapi saya temukan intinya perbandingan putih telur dan cairan yang digunakan kemudian diterapkan variasi dari perbandingan tadi. seperti ini ada  6 putih telur dengan 750 ml cairan dan 2 bungkus atau 14 gram agar agar bubuk. jangan lupa, setelah adonan agar agar mendidih, diamkan, disambi mengocok putih telur sampai mengkilat lembut snowy tetapi belum kaku sekali. tuang adonan agar agar tadi perlahan sambil terus dikocok sampai menjadi suam suam kuku dari awalnya yang masih panas. setelah itu baru dituang kedalam cetakan dengan cepat sebab memang cepat mengeras.
kalau sponge cake yang digunakan lebih tipis, kemudian dibuat 3 lapis, hasilnya pasti lebih cantik. jujur saja, saya belum bisa membelah kue yang rata. jadi adonan sponge cake dicetak di loyang 4cm jadinya matang cukup tebal. satu satunya cara memang harus berlatih. seperti mengasah pisau yang akan menjadi semakin tajam ...

cake singkong yang dipanggang

 anak asuhku mudik sebentar. cuma beberapa jam. dan pulangnya dia bawain singkong yang baru dicabut dari kebun. katanya enak. maksudnya singkong enak. langsung berbinar binar dan banyak ide bermunculan mau diapakan singkong segar itu. tapi, jangan bahagia dulu, ini semua hanya ide. eksekusinya entah kapan. tergantung mood ...
 berjalannya hari, numpuk bahan baku di kulkas sampai susah liat dinding kulkasnya. ketutupan bahan makanan yang kayanya bisa kasih makan pengungsi bangladesh di aceh. hiks. jadi kuputuskan untuk memilah memilih. apalagi sekarang ramadhan, pasti makan lebih sedikit. sahur paling makan buah atau minum jus saja. buka puasa, kalau sudah minum teh manis hangat,  berasa sudah masuk surga wkwkwk ... kepikiran bikin cake singkong kaya yang dibikin mama runa pas arisan bulan lalu. singkongnya diparut lalu dikukus. dia bikin dilapis kuning dan cokelat, kasih krim, dan parutan keju yang banyak. yum yum yum. tapi waktu itu makan sepotong aja kekenyangan. yah, gimana g kenyang wong sebelumnya udah makan sate ayam 6 tusuk sama lontong setengah, pempek kapal selam satu, semangka 4 potong, air putih 2 gelas, bakso tahu sepotong. ajaib sekali perutku g meletus disana.
 akhirnya 2 kilo singkong kupas dibawa ke pasar buat diparutin ke tukang kelapa. tentu dari kita sudah dipotong dikupas dicuci bersih bersih. jadi deh bahan bakunya. lha tapi nginget ngiget resepnya dimana kok lupa ya. apakah kebanjiran? apakah kebuang? jadi akhirnya berdasarkan ingatan sepotong. jelas cake aslinya dikukus tapi karena sekalian bikin roti, kali ini dipanggang. memang hasilnya padat. tetapi tidak keras. enak buat teman minum teh.
cake singkong'

bahan :

2 kilogram singkong kupas diparut halus sedikit diperas airnya sampai sekitar 100 ml
10 butir telur
400 gram gula pasir
200 ml minyak goreng 
120 ml santan kental instant

cara membuat :
kocok telur dan gula pasir sampai mengembang kaku
masukkan singkong parut bertahap bergantian dengan minyak dan santan
aduk rata seluruhnya
tuang ke dalam 2 loyang tulban bermotif diameter 22 cm
panggang didalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai matang

roti manis tanpa telur

 akhir akhir ini harga telur melambung tinggi sekaleeee. begitu pula harga gula pasir. padahal buat jualan bolu kukus, butuh banyak telur dan gula pasir. jadi menocba mencari resep lain yang enak tapi dengan kebutuhan terhadap 2 bahan tersebut lebih sedikit. setelah bongkar koleksi buklet tabloid SAJI. nemu deh resep roti ini. rasanya enak juga. memang tidak seempuk roti dengan telur dan margarin. tetapi dengan adanya isian, roti ini secara keseluruhan enak.
roti moka pisang kacang
judul asli dari buklet tabloid SAJI nomor 234/2012
--- saya menggunakan resep rotinya saja sedangkan metode dan isiannya tidak persis sama ---

bahan roti :
500 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula pasir
6 gram ragi instant
100 ml susu cair
250 gram air
30 gram margarin
1 sendok teh garam 25 ml susu cair untuk olesan

cara membuat :
aduk rata tepung terigu, gula pasir dan ragi instant, tambahkan susu cair dan air aduk terus sampai menggumpal solid
masukkan margarin dan garam dan uleni sampai kalis elastis
diamkan sampai mengembang minimal 2x lipat
kempiskan dan timbang adonan sesuai kebutuhan, bulatkan dan diamkan 10 menit
beri isian sesuai selera kemudian letakkan dalam loyang biarkan mengembang lagi 2x lipat
panaskan oven 190 derajat atau sesuai karakter oven, olesi permukaan roti dengan susu cair dan panggang sampai matang
setelah matang olesi dengan margarin yang dilelehkan

Tuesday, May 19, 2015

devil cake my birthday cake

 oh ... begitu cepatnya 
waktu datang dan berlalu berkejaran hingga kita lupa 
tak sempat menghityng berapa banyak langkah tercipta
hari ini kuberulangtahun satu pertanda hari ini jadi milikmu ...

masa sih hari ini jadi milikku? hari ini saja? setiap pagi membuka mata, kalau dibuka rasa syukur karena memiliki hari baru artinya memiliki kesempatan lagi untuk memperbaiki diri dan melakukan hal hal yang lebih baik dari sebelumnya, kurasa bisa dibilang itu akan jadi hariku ...
 berhari hari kubayangkan apa yang jadi base cake, selain cake cokelat. ternyata ujung ujungnya bikin cake cokelat lagi ... cake cokelat lagi ... hahaha .. entah mengapa cake cokelat merepresetasikan mewah, lezat, dan celebration! jadi memang sangat sangat cocok untuk harikuuuu ... lalu diambil beberapa buku buku resep tentang cake berlapis, cake dari masa ke masa, cake dekoratif, dan sebagainya. dekoratif sudah masuk prioritas terendah. mengingat tenaga dan waktu terbatas. biaya juga sih :p
 bahkan lilin ini nampaknya tidak terlalu cocok. tapi angka nol bisa dianggap, kesempatan baru untuk a brand new start. memulai lagi dari awal, dari niat yang diperbarui. duh, berat banget ngomongnya. takut g bisa buktiin nih. oh, ya, akhirnya dipilih devil cake dari buku SEDAP cake dari masa ke masa. pengennya sih ombre cake 6 lapis yang spektakuler. atau yang lebih classy seperti cotton cake. eh, tapi tahun lalu kan cotton cake. pengennya cheese cotton cake.

 DEVIL CAKE
buku SEDAP 
Cake dari Masa ke Masa
 
  bahan bahan untuk cake :
( 1 ) 150 gram bubuk cokelat
2 sendok makan kopi instant
1/4 sendok teh garam
500 ml susu cair dihangatkan
aduk seluruh bahan diatas sampai menjadi adonan kental lalu sisihkan dahulu

( 2 ) 325 gram tepung terigu
2 sendok teh baking powder
dua bahan ini diayak dan sisihkan dahulu

( 3 )  250 gram margarin
400 gram gula pasir halus
4 butir telur

cara membuat :
siapkan 2 loyang 22cm tinggi 4 cm dioles margarin dialas kertas dan panaskan oven 180 derajat atau sesuaikan dengan karakter oven masing masing
kocok margarin dan gula psir sampai lembut sekitar 8 menit kemudian masukkan telur satu persatu bergantian dengan sesendok tepung terigu
masukkan sisa tepung terigu bertahap bergantian dengan larutan cokelat bubuk
tuang adonan kedalam 2 loyang dan panggang sekitar 35 menit atau sampai matang lalu dinginkan

bahan bahan untuk filling dan coating :
300 gram dark cooking chocolate dipotong kecil kecil
250 ml krim kental atau whipping cream 
50 gram margarin dilelehkan

cara membuat :
hangat krim kental dengan cara ditim kemudian masukkan potongan cokelat sampai larut semua dan terakhir masukkan margarin
aduk seluruhnya sampai berkilat
diamkan sampai mengental 

penyelesaian :
oleskan filling cukup tebal ke selembar cake dan tutup dengan cake yang lain
tutup seluruh cake dengan sisa filling dan hias sesuai selera

tak ada ide dan cukup bahan untuk hiasan cake ...
 ternyata devil cake ini lebih enak lebih cokelat dan lebih moist dibanding devil's food cake dari martha stewart. yang ini tidak beremah dan lembut. nyaris meleleh di mulut. setelah sekian kali membaca resep ini, menyesal deh, mengapa baru sekarang dipraktekkan. 
sulit sekali menangkap keindahan cokelat yang sangat gelap ini dengan kamera. tetapi percaya deh, lezat!

puding cokelat saus cokelat

beberapa minggu sebelum posting ini, hujan sangat deras di malam hari, kemudian listrik mati, gelap gulita, terdengar suara gemuruh seperti di kejauhan, mirip dengan suara mesin sebarisan truk berderet didepan rumah, ternyata itu suara gemuruh air bah!!! air dengan cepat memasuki rumah sampai akhirnya sekitar 80cm atau malah 100cm di beberapa tempat. hanya beberapa jam tetapi efeknya berminggu minggu. mulai membersihkan mengeringkan merapikan membuang memilah dan memilih. berasa seperti tukang londri baju kiloan. nyuci dan nyetrika baju 2 lemari. sprei dan tirai belum lagi keset keset. berita baiknya, menjadi intens membersihkan rumah dan ternyata tidak baik memiliki banyak barang.
setelah itu hujan perlahan lahan berhenti dan sekarang sudah memasuki musim panas melihat tanda banyak wereng masuk rumah, udara pagi yang snagat dingin, langit biru cerah bersih, dan matahri bersinar terik. rupanya banjir itu jadi gong nya musim huja kali ini ... jadi cocoklah kali ini membuat puding lembut manis untuk menemani libur sekolah.

puding cokelat 
bahan :
500 ml susu cair cokelat
1 bungkus agar agar bubuk
sejimpit garam
3 butir putih telur
4 sendok makan gula pasir

cara membuat :
campur bubuk agar agar, susu dan garam kemudian didihkan dan sishkan dahulu
sementara itu kocok putih telur sampai berbusa dan masukkan gula pasir bertahap sampai putih telur terlihat putih berkilat
masukkan agar agar yang masih panas ke dalam kocokan ptuih tekur sambil terus dikocok sampai adonan menjadi hangat/suam suam kuku
tuang kedalam cetakan dan biarkan membeku

saus cokelat :
500 ml susu cair cokelat 
1 sendok makan cokelat bubuk
4 sendok makan gula pasir
1 1/2 sendok makan maizena dilarutkan dengan 2 sendok makan air

cara membuat :
campur susu cair, cokelat bubuk dan gula pasir kemudian dimasak sampai mendidih
tambahkan larutan maizena dan masak sampai mengental 
angkat dan sajikan bersama puding
 

selada bangkok tanpa selada ...

 booklet tabloid SAJI edisi salad dan sejenisnya. mulai khas indonesia sampai dari negara negara lain. sayangnya tidak banyak cerita tentang makanan yang ditampilkan dan g banyak waktu untuk browsing. mumpung punya kacang tanah, maka dicoba deh salahsatu resepnya. jelas ada yang salah sebab rasanya jadi persis gado gado. enak sih enak. tapi g yakin deh, apakah memang benar begini rasa yang seharusnya ...

Monday, April 20, 2015

hershey's best brownies

 naaah, ini juga makanan yang diidamkan tapi benar benar dibikin dari bahan mentah. meskipun sebenarnya saya bukan penggemar brownies. tapi kadang pengen juga. dan banyak sekali yang share resep brownies. mulai yang cakey alias mendekati tekstur cake atau yang padat alias fudgy brownies. hanya masalah selera saja.
hershey's best brownies

Ingredients

  • 1 cup (2 sticks) butter or margarine
  • 2 cups sugar
  • 2 teaspoons vanilla extract
  • 4 eggs
  • 3/4 cup HERSHEY'S Cocoa or HERSHEY'S SPECIAL DARK Cocoa
  • 1 cup all-purpose flour
  • 1/2 teaspoon baking powder
  • 1/4 teaspoon salt
  • 1 cup chopped nuts (optional)
  • CREAMY BROWNIE FROSTING (optional, recipe follows)

Directions

1. Heat oven to 350°F. Grease 13x9x2-inch baking pan.
2. Place butter in large microwave-safe bowl. Microwave at MEDIUM (50%) 2 to 2-1/2 minutes or until melted. Stir in sugar and vanilla. Add eggs, one at a time, beating well with spoon after each addition. Add cocoa; beat until well blended. Add flour, baking powder and salt; beat well. Stir in nuts, if desired. Pour batter into prepared pan.
3. Bake 30 to 35 minutes or until brownies begin to pull away from sides of pan. Cool completely in pan on wire rack. Prepare and frost brownie with CREAMY BROWNIE FROSTING, if desired. Cut into bars. Makes about 24 brownies.

BROWNIES instant ...

 pengen makan cake cokelat, brownies kukus juga mirip, tetapi tak ada tenaga dan waktu yang cukup untuk membuatnya. begitu banyak keadaan mendesak. terus gimana dong? tidak menyerah begitu saja. beli dong tepung premiks. tinggal kocok kukus matang dan sajikan. ternyata merk haan ini memang terasa lebih enak. ini adalah tepung premiks ke 3 yang saya pakai untuk menutupi kemalasan saya.
 yang totol totol di permukaan kue adalah cokelat couverture kalau tidak salah. atau chocolate button karena bentuknya bulat seperti kancing baju. dibanding compound, lebih banyak kadar cokelatnya sehingga sangat mudah meleleh. waktu disentuh dengan tangan jadi meleleh. seharusnya memang dilelehkan kemudian dicampur dengan sebagian adonan, kemudian dituang sebagai lapisan tengah.
 sangat menghibur ketika hari hujan, menghabiskan waktu didalam rumah, dan main scrabble dengan cara anak anak. kosa katanya hanya sampai kata kata yang terdiri maksimal 8 huruf saja. hahahaha ... oh sayang, maafkan mamamu ini, tidak memberimu cukup waktu untuk bermain. mamamu sendiri tidak punya cukup koleksi permainan untuk dibagi. maafkan mama ya, naaak ... :(

homemade beef powder


seseorang di facebook berbagi ilmu yang sangat berharga. yaitu membuat kaldu bubuk sendiri. saya coba dari daging sapi. dibanding dari daging ayam tentunya lebih mahal. sebenarnya potensi untuk dijual sangat besar, mengingat tidak semua ibu punya kesempatan memasak dan membuat kaldu yang enak yang sehat dan alami. semoga punya cara untuk memasarkannya.
 seperti terlihat di foto, semua bahan dimasukkan ke dalam food processor sampai lembut kemudian disangrai di wajan anti lengket sampai kandungan airnya habis mengering tetapi jangan gosong seperti punya saya ya, hahaha ... setelah itu dioven sampai kering dan dihaluskan. prosesnya agak lama sampai bisa menghasilkan kaldu bubuk yang halus dan kering.
 homemade beef powder

aslinya homemade chicken powder
resep dari mbak gendhis yang dibagi di facebook natural cooking club
terima kasih atas ilmunya ya, insya Allah berkah manfaat dan menjadi amal jariyah ...

bahan bahan :
300 gram daging ayam tanpa tulang tanpa kulit
1 buah wortel dikupas dicuci dipotong potong
1 batang daun bawang dicuci dibersihkan dipotong potong
1 batang seledri dibersihkan
25 siung bawang putih
2 sendok teh garam ( ukuran ini menyesuaikan dengan kebutuhan saja )
1/2 buah bawang bombay dikupas dicuci dipotong potong

masukkan seluruh bahan ke dalam tabung food processor dan haluskan sampai benar benar lembut
tuang kedalam wajan dan sangrai dengan api kecil sampai habis airnya mengering
pindahkan ke dalam loyang kue kering yang tipis dan lebar dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api kecil sekali sampai kering
setelah dingin haluskan dengan grinder sampai benar benar menjadi tepung

punya saya sedikit gosong karena lupa diaduk ... tetapi masih enak dan tetap digunakan dalam berbagai masakan baik yang beninh atau bersantan.

Wednesday, April 08, 2015

cake tape resep pak sahak

 pecinta tape  beraksi kembali. mampir ke tukang tape dekat warteg yang rame dalam perjalanan pulang. sayangnya g bisa milih. si tukang tapenya lagi keluar sebentar. yang ngeladenin malah tukang buah. jadinya beberapa tapenya ada yang keras meski kuning tidak berserat dan sebagian besarnya lagi lezat. resep resep dengan tape sudah banyak dicoba dan sayangnya lagi, malas banget memberi tanda resep itu. akibatnya susah lagi nyarinya bahkan di blog sendiri wkwkwk ... cari resep lain deh. ketemu resep pak sahak pribadi ini. beliau ini terhitung salahsatu orang kuliner yang banyak punya resep lezat dan tidak pelit berbagi. tinggal googling keluar deh koleksi resep beliau. ada juga sih yang sudah dibukukan.
cake tape a la pak sahak pribadi 

bahan :
(a ) 10 kuning telur
6 putih telur 
250 gram gula pasir
250 gram tepung terigu
20 gram maizena
1 sendok teh garam
1 sendok makan emulsifier


( b ) 250 gram tape singkong 
1 saset  susu kental manis
haluskan tape dan campur rata dengan susu kental manis, sisihkan


( c ) 50 gram minyak sayur
250 gram margarin
hangatkan minyak matikan apinya dan masukkan margarin kemudian aduk semuanya sampai meleleh perlahan 

cara membuat :
panaskan oven dan sesuaikan suhunya sesuai kebiasaan oven masing masing
siapkan loyang tulband 24cm diolesi margarin dan taburi sedikit tepung
kocok bahan a sekaligus sampai mengembang kental dan kaku kemudian masukkna adonan b sedikit sedikit sampai rata dan terakhir adonan c
aduk seluruhnya merata dan pastikan tidak ada minyak yang mengendap dibawah
tuang kedalam loyang dan panggang sampai matang skeitar 50 menitan