Tuesday, August 04, 2009

cake marmer

minggu lalu saya bikin marmer cake resep dari www.taste.com.au tapi saking keisengan dan sok tahu, malah kebanyakan kadar air. saya tambahin pisang matang 4 buah. jadinya basah banget dan padat. kalau sponge cake, bantet. padahal saya pake krim kental segala. salahe, sok tahu yah :p
tadi pagi sambil maen sama gantengku, mbongkar tumpukan majalah dan buku resep yang -ternyata- sudah segunung. tapi ajaibnya, masih hunting terus resep dari mana-mana. balik ke marmer ini, akhirnya ada edisi SEDAP PEMULA yang khusus tentang cake marmer. saya pilih yang klasik untuk dicoba. tapi masih iseng juga. adonan putih saya tambahin parutan keju antara 75-100 gram dan adonan coklat dikasih chocolate chips dengan jumlah hampir sama. jadi perbedaan rasanya lebih tajam gitu. yang coklat terasa coklat dan putihnya jadi kejuu ...
karena fotografer sedang hobi lembur, saya mutusin untuk foto sendiri. beberapa kali buram. ada lagi terang terus backgroundnya jelek. akhirnya saya coba pakai flash yang buesar itu. diutak-atik akhire nemplok dan bisa nyala juga. hihihi. dasar gaptek. dari 6 jepretan, menurutku, satu ini layak untuk dipajang :)
kalau ada yang tertarik coba, marmernya yang mirip belang harimau ini, saya tuliskan yah.

cake marmer klasik

250 gram margarin

200 gram gula halus

5 butir telur

250 gram tepung terigu

30 gram maizena

60 ml susu cair ( pakai ultra yang low fat)

1 sendok teh baking powder

1/4 sendok teh pasta vanila

untuk gambar marmer : 2 sendok makan coklat bubuk dilarutkan dengan 2 sendok makan susu cair (aslinya air biasa )

cara membuat :

panaskan oven dan siapkan loyang diameter 20 cm atau loyang loaf juga cocok

kocok margarin dan gula halus sampai lembut dan memutih

masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok menyatu

tambahkan tepung terigu dan maizena bergantian dengan susu cair

aduk seluruhnya merata

ambil sebagian adonan dan tuang kedalam mangkok lain

beri larutan coklat dan aduk rata

tuang adonan putih dan adonan coklat bergantian kedalam loyang sampai habis

untuk motif lebih bagus, aduk dengan tusuk sate sampai kedasar loyang

panggang sampai matang