Wednesday, March 09, 2011

cake pandan lapis selai kurma

masih jauh dari bulan agustus tapi dekornya sudah merah putih ya? lha rencananya - semula tadinya kupu-kupu ini untuk edisi ulangtahun. tetapi kupu-kupunya capek terbang dari jakarta. sampai sini jadi leleh. tetapi tetap tak angin-angin. akhirnya memang kering. supaya tidak terbuang percuma, dipakai buat belajar menghias kue saja. buat cake ini, banyak taktik dan strategi yang kupelajari dari blog walking. diluar sana, ternyata, masih banyak orang yang baik hati membagikan ilmunya dalam hal membuat kue. dia cerita panjang lebar, memberi tips dan tricks sebanyak pengalaman, membuat foto step by step. dari situ, aku belajar membelah cake ini jadi dua dengan rata. kemudian belajar memberi filling yang efeknya cantik ketika cake dipotong.
kalau dulu dioleskan dengan spatula, filling ini dimasukkan plastik segitiga dulu. buttercream putih dan selai kurma. kemudian disemprotkan bergantian bersisian. hasilnya bagus kan? coba perhatikan foto diatas dan dibawah. fillingnya berselang-seling cokelat dan putih seperti domino. padahal mudah dan sederhana sekali.
tart ini terdiri dari sponge cake pandan bentuk kotak 20 x 20 x 7 dibelah dua dan dikasih isian buttercream putih dan selai kurma. kenapa selai kurma? karena adanya itu di dapur. kalau lebih enak, mungkin buttercream dan selai sarikaya yang hijau ya. supaya lebih padu dengan base cakenya :)