Tuesday, February 12, 2013

cleaning my oven

satu hal yang penting dari seluruh proses memanggang adalah membersihkan ovennya. oven diatas ukuran 60 x 40 cm tanpa merk, tanpa termometer, jadi harganya hanya delapan ratus ribu rupiah saja. untuk jualan kecil-kecilan, untuk menyenangkan keluarga dengan homemade cake or bread, sudah sangat cukup. lebih dari cukup. dulu, oven tangkring saja, bisa manggang japanese cheese cake dengan sempurna. oven harus rajin dibersihkan. kalau tingkat pemakaiannya tinggi, berarti tingkatkan juga pembersihannya. supaya awet. oven ini sudah lama terlantar sehingga banyak karat di bawahnya. itu, keliatan kan, dijungkirin supaya bisa dibersihkan.
karena terhitung parah, terlantar lama, oven ini diamplas dulu sampai bersih, kemudian dilepaskan bagian dimana apinya keluar supaya lubang-lubang kecilnya bisa dibersihkan juga. 
keluarlah bubuk seperti diatas setelah diamplas dan dijungkirkan. baru setelah itu dilap dengan lap yang lembab -bukan basah dan bukan kering -kemudian biarkan dulu oven dalam keadaan terbuka dan letakkan di ruangan yang terbuka, atau teras, misalnya. supaya menjadi benar-benar bersih dan kering. baru digunakan lagi. diharapkan, setelah diamplas, dilap, dibersihkan menyeluruh tadi, apinya keluar merata dan berwarna biru. sehingga cake atau apapun yang dipanggang didalamnya matang sempurna dan bersih juga :)
itu, lubang-lubang sangat kecil dibersihkan dengan kawat supaya gas yang keluar bisa optimal. apinya biru dan merata. memang oven model semacam ini, tidak akan sehebat oven dengan ukuran sama tetapi harganya nyaris 5 kali lipatnya, tetapi tidak buruk juga. untuk mencapai warna matang keemasan, rajinlah mencoba setiap jenis makanan dipanggang. seberapa panas dibutuhkan, seberapa lama, dan menyesuaikan dengan jenis makanan juga loyangnya. 
apapun jenis ovennya, rajinlah membersihkannya :) 
dengan adanya proses wajib ini dari hasil akhir cake yang lezat dan cantik, wajarlah bagi para bakul kue, untuk memperhitungkan biaya perawatan dalam harga jual cake atau rotinya. lihat, saya perlu bantuan untuk membersihkan. padahal oven saya kecil saja. kalau bakul kue beneran, dengan ukuran oven yang mungin 3 kali lipat, pasti membutuhkan usaha lebih besar kan?

2 comments:

wahyu soesanto said...

Mbak, oven gas yang model begini, bisa muat berapa loyang ukuran 40X60? trus dimana saya bisa beli oven ini utk wil Jakarta dan Depok? Boleh tau gak berapa kisaran harganya? tq banget yah..

for the love of my life said...

halo pak wahyu :)

ukuran oven ini memang 40x60cm tetapi loyang yang bisa digunakan tidak tepat seperti ukuran ovennya. hanya loyang umuran 30x50cm saja dan ini oven hanya 2 rak yang bisa masuk. dengan api yang baik, kedua adonan di kedua rak bisa matang sempurna :)

saya beli oven ini di tbk di cilegon, harganya beberapa tahun yang lalu 800 ribu rupiah. saya tidak update harga yang baru. yang saya ingat, edisi baru oven model seperti ini, ada termometernya :)

happy oven hunting ya.