Saturday, September 21, 2013

asinan mangga indramayu ...

 udara eh suhu udara paling rendah akhir akhir ini adalah 29 derajat celcius tetapi masih ada angin jadi tidak terlalu panas seandainya pakai topi dan sunglasses. sayangnya sang angin membawa debu dan berjatuhanlah korban korban terkena infeksi saluran pernafasan atas. sesuatu yang dingin, sejuk, segar, dan bergizi yang dicari. mungkin es krim, seperti yang kulakukan akhir akhir ini. atau potongan buah segar yang banyak berair seperti semangka atau jeruk. sslurrpp ...

biasanya sekolah anakku libur setiap hari sabtu dan hari minggu. mulai bulan ini, hari sabtu masuk untuk kegiatan ekstra kurikuler. karate, berenang, dan khitobah. sakjane diriku sangat tidak setuju tetapi berdasarkan pengamatan, kelihatannya karate akan dilakukan lebih serius sebulan dua kali latihan. plus anakku seneng ikut karate. jadi sementara ini dilanjutkan pengamatan. masa' demonstrasi terus. wkwkwk ... karena acara hari sabtu selesai jam 10 pagi, pas banget dengan jam mall buka. ditambah lagi jarak dari sekolah ke mall hanya beberapa ratus meter. cuaca yang panas ini membutuhkan menu yang lebih segar. banyak banget ide yang berkecamuk di kepala. mulai duren ciskek, fruit salad, es krim ( lagi ), soto ayam, sop tomat segar, dan sebagainya. begitu masuk mall malah parkir makan siang lebih awal di restoran sushi. jangan tanya, seperti apa. tetapi sushi ini, paling enak dibanding 3 sushi lain yang pernah kucoba. di busan sempat makan sushi made in supermarket juga dan rasanya juga tidak lebih enak dari sushi yang ini. pesan sushi vegetarian yang menggoda sekali irisan mangga dan alpukatnya, fruit salad, dan caramel cappucino. setelah kenyang gantian anakku makan ayam goreng di fastfood. tak apa lah, belum tentu 3 bulan sekali. sesekali untuk hadiah setelah bekerja keras belajar sepanjang minggu ulangan harian. 
eh, tahunya setelah di supermarket, ketemu durian monthong yang terihat sangat lezaaaaaaat. dagingnya terlihat tebal, bersih, lembut, kekuningan, dan wangi. belilah yang sudah separo terbuka. harganya lumayan mahal tetapi sebanding dengan kualitas yang didapat. lagian, kalau yangdi sale juga kadang memang kelas 3 berebutan sama ulat atau tawar tak ada rasa. terlihat juga mangga indramayu yang membuat ide membuat asinan langsung terlihat nyata. di bagian sayur ada juga cabe merah besar yang merah banget berkilau dan mulus. hmm ... asinan jelas sangat cocok dengan siang yang panas akhir akhir ini. beli lah untuk 250 gram resep. 
resep asinan ini aslinya dari resep asinan gelora mbak mika malika yang sangat terkenal di milis ncc. kemudian di publish juga di tabloid koki atau tabloid lezat ... lupa yang mana. dan saya selalu membuatnya dengan versi saya sendiri. soal rasa tidak diragukan. sudah banyak penggemarnya. apalagi kalau buahnya lengkap. mangga yang paling cocok ya mangga indramyu tadi. buahnya cukup tebal dan liat untuk direndam bumbu asinan.
 
asinan a la gelora mbak mika
bahan :
4 buah mangga indramayu mengkal dicuci, dikupas dan potong potong
250 gram anggur warna warni dibersihkan dicuci dibuang tangkainya
250 gram cabe merah besar dibuang biji dicuci 
250 gram gula pasir
250 ml air matang
300 gram jeruk nipis diambil airnya disaring
sedikit garam sesuai selera
 
cara membuat :
blender cabe merah besar dan air sampai halus sehalus halusnya
saring kedalam panci yang sudah berisi gula pasir
rebus sambil sesekali diaduk sampai mendidih dan gulanya benar larut
tambahkan garam sesuai selera
angkat dari api dan biarkan agak hangat
masukkan air jeruk nipis kemudian diaduk rata seluruhnya
 tuang kedalam mangkok besar berisi potongan mangga dan anggur
simpan didalam lemari es semalaman sebelum dihidangkan

note :
bisa ditambah taburan kacang bawang goreng
buah buahan lebih lengkap akan lebih lezat seperti misalnya bengkuang, jambu air, ubi merah, dan lain lain
 

No comments: