Sunday, September 29, 2013

CILOK

 kalau yang pernah berkunjung atau tinggal di belahan barat pulau Jawa, kemungkinan besar kenal dengan jajanan anak anak ini. cilok alias aci dicolok. senada dengan cireng alias aci digoreng. kepancing postingan mbak ricke indriani di wall facebooknya, jadi pengen bikin juga. tetapi ternyata bikin buletannya supaya mulus mengkilat itu tidak muda apalagi saya salah memahami resepnya. 
tetapi satu satunya cara untuk menjadi lebih pintar hanya lah dengan belajar dan melakukannya. practices make perfect. ditambah ada asisten yang terkenang kenang dengan cilok pertamanya di cilegon dulu. ditraktir sama suaminya si mbak. alhasil, menurut anakku, rasanya tidak sehebat cilok pertamanya itu. pasti karena ada MSG didalamnya. namanya jajanan di jalan ...

cilok
bahan :
200 gram tepung sagu
200 gram tepung terigu
2 siung bawang putih dihaluskan
1/4 sendok teh merica
1 sendok teh garam
2 batang daun bawang diiris halus
400 ml air

rebus bawang, merica, garam, dengan air sampai mendidih
tuang kedalam campuran tepung sambil diaduk rata dengan sendok kayu
masukkan juga irisan daun bawang
setelah bisa dipulung, bentuk bulat bulat kecil seperti bakso
rebus didalam air mendidih sekitar 10 menit sampai mengapung dan matang kemudian angkat tiriskan 


saya hanya membuat sampai step ini saja. sebenarnya ada resep sambal atau saus yang sedap untuk menikmati cilok ini. saya pakai saus bangkok botolan saja. karena salah membagi resep, bola bola cilok tidak bisa mulus mengkilat dan cenderung lembek. kurang kenyal. lainkali dibuat lagi lebih teliti deh :)

No comments: