Wednesday, November 27, 2013

creme brulee

pertama kali saya mengicipi creme brulee ini masih kost di daerah bulaksumur. ibu kost saya yang sangat modern dan banyak pengalaman berkunjung ke berbagai negara, memberitahu saya ini makanan dari mana dan isinya apa saja. waktu itu bulan puasa. saya membeli dari bazaar ibu ibu kompleks. dan karena kebanyakan dari ibu ibu itu, sangat metropolitan, meskipun bazaar bulan puasa, makanannya macam macem. tidak hanya kolak dan bubur dan es buah. ada steak lidah yang sedap, juga creme brulee yang lembut ini. biasanya saya memesan via ibu kost, makanan apa saja yang saya pengen icip untuk buka puasa. sebab jumlahnya tidak banyak. meski makanannya internasional, dijual dengan harga yang pantas. terjangkau untuk mahasiswa. asal tidak setiap hari aja wkwkwk
 
dibaca baca berbagai macam resep creme brulee ini, atau crema catalana versi spanyol nya, kira kira isinya kuning telur, krim dan gula. itu saja. diaduk lalu dipanggang. detailnya berbeda beda tetapi kira kira begitu rasanya. kuning telur dikocok dengan ballonwhisk secara hati hati supaya tidak ada gelembung atau tidak banyak ada udara didalam adonan. sebab, yang diharapkan adalah tekstur lembut halus licin tidak berpori. minimal menurut survey mata saya dari sekian puluh foto yang terlihat di google images ya. juga waktu melihat cara membuatnya di Youtube. hmmm ... looks so easy and so yummy. berhubung saya tidak punya blowtorch dan api atas oven tidak begitu bagus, jadinya creme brulee pucat tanpa topping. mustinya ada topping gula yang dihanguskan. pasti lebih lezat sebab adonannya kan manis lembut. gula yang sedikit hangus akan memberikan warna sedikit pahit yang lezat.


No comments: