Thursday, January 16, 2014

leftover babka pudding and pie


alhamdulillah, akhirnya seluruh keluargaku termasuk aku sudah mendapatkan kesehatannya kembali setelah sepanjang november - desember - awal tahun didera sakit yang berbeda beda.mulai dari si papa yang sebulan penuh keluar masuk rumah sakit, lalu serangan flu berat dari adikku, ibuku, ayahku, sepupuku, adik iparku yang kehilangan calon bayinya, dan diriku yang terkena infeksi. saking sakitnya, nangis mulu sendirian dirumah. 
alhamdulillah anakku tidak terkena dan bisa tetap sekolah setelah liburan selesai. liburan tahun ini benar benar liburan istirahat, hanya didalam rumah, didalam kamar bahkan. diantara rasa tidak nyaman itulah, resolusi tahun dijalankan. kadang terasa panas menyengat juga punggung yang terlalu lama ditidurkan. 
alhamdulillah anak asuhku tetap sehat. masih mampu membantuku mengurus rumah, anakku, dan aku sendiri yang sakit. membosankan sekali kan, untuk remaja seusianya, tinggal 2 minggu dirumah mengurus pasien. alhamdulillah semuanya sudah jauh lebih baik :)
resolusi tahun baru adalah ... hmm ... membersihkan dapur dari perabotan yang tidak perlu, dari bahan bahan makanan yang tidak perlu yang dibeli karena bengong di supermarket, tidak belanja barang barang atau bahan makanan yang tidak perlu, membersihkan kulkas ... didalam kulkas ditemukan sisa babka, frozen durian, sedikit whipping cream, sepotong butter, seloyang kulit pie dan tentu buah buahan dan setok telur. beberapa item pertama harus diberantas karena sudah terlalu lama ngendon disitu. dicari resep yang bisa membuat semuaitu sekaligus dimasak menjadi sesuatu yang baru, yang mudah dibuat, juga enak untuk menikmati hari pertama di tahun 2014. karena edisi pembersihan, ya jelas tak ada resep wong dicemplungin semuanya. 
jadi begini resep ceritanya. babka dipotong kecil kecil kemudian disusun di mangkok foil atau ramekin atau apa saja deh, yang penting bisa dipanggang.  
krim ditakar dan ditambah dengan air dan susu cair, ditambah telur yang sudah dikocok lepas. perbandingan krim dan telur sekitar 1 : 1 maksudnya 100 ml cairan dicampur dengan 1 butir telur. kalau ingin pudingnya lebih padat, tambahkan telurnya atau ditambah maizena. karena babka sudah manis, banyak potongan cokelat, adonan cairan tidak dikasih gula. malah dicampur dengan daging durian. 
jadi susu + air + krim + durian diblender sampai halus. kemudian masukkan telur yang sudah dikocok lepas dan disaring supaya hasil akhirnya lembut. kemudian tuang adonan krim durian ke mangkok foil tadi sedikit demi sedikit sampai rotinya terendam. tunggu beberapa saat sampai meresep, baru ditambah lagi. pastikan  roti betul betul terendam campuran krim tadi. setelah meresap dan terendam, beri taburan kacang atau kismis, kalau suka dan kalau punya.  susun mangkok foil dalam loyang besar yang diberi air kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api kecil saja.  
 karena campuran krim durian tadi masih bersisa dan ada kulit pie yang sudah lama nginep di kulkas, sekalian deh, sisa campuran krim tadi dituang ke kulit pie lalu dipanggang bersama sama dengan puding babka tadi. pakai api kecil supaya permukaan pie menjadi mulus. nah, itu nasehat buatku sendiri yang lupa mengeclkan api, akibatnya pie nya agak bopeng. selain itu, dengan api kecil, puding roti nya jadi lembut juga. jadi deh, bisa berbagi dengan tetangga, merayakan tahun baru dengan pie dan puding hasil pembersihan kulkas :D
 akhirnya, selamat tahun baru semuanya. semoga setiap harinya kita belajar menjadi manusia lebih baik. bagaimana pun juga, hidup ini adalah perjalanan dan proses. bukan tujuan. semoga perjalanan kita adalah perjalanan yang diridloi Allah SWT. semoga kita menjadi manusia yang pandai bersyukur.

2 comments:

nisa blue said...

Trus hasile pie? Enak? Nyam nyam?

alfie_not@yahoo.com said...

enak nyam nyam pigendutan :p