Saturday, February 01, 2014

JAPANESE CHEESECAKE

Japanese Cheese Cake
dari buku resep Yasaboga
yang sedikit diubah

Bahan :
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, suhu ruang
120 ml whip cream 
5 kuning telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Campur dan ayak :
50 gr terigu serbaguna
50 gr tepung maizena

Topping :
2 sdm selai apricot
2 sdm air

Caranya :

1. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 ˚C
2. Campurkan mentega, creamcheese dan whipcream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 btr telur, aduk rata, masukkan kulit lemon, aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit-sedikit sambil terus di kocok sampai terbentuk kerucut tumpul (soft peak).
5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan creamcheese, aduk rata. Tuang campuran adonan ini ke loyang. Panggang dengan au bain marrie +- 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan, keluarkan dari oven.
6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air. Oleskan ke permukaan cheesecake.

 japanese cheesecake resep yang ini sangat berkesan. pertama kali membuatnya masih dengan otang alias oven tangkring harganya 100ribu. yang membuat terpana teman dari amerika. bagaimana bisa memanggang cake di kotak alumunium seperti ini? wkwkwk ternyata kita lebih sakti. dengan peralatan seadanya dan teknologi minimal bisa membuat beraneka macam cake modern yang resepnya berasal dari negara negara maju.

No comments: