Monday, August 25, 2014

SETUP (FUSSILI) MAKARONI

 duluuu sekali, saat belasan tahun, saya sering membuat setup makaroni ini sendiri, membuat berantakan dapur, untuk bekal ke sekolah atau ke perkemahan sabtu minggu. biasanya komentar teman teman sama, pantesan kamu gendut sebab makananmu model begitu. yah, isinya daging ayam, telur, susu, makaroni. jarang sekali saya kasih taburan keju. saya lupa mengapa. mungkin jaman itu, di kampung saya, sulit mendapatkan keju. tetapi ibu saya selalu menyediakan susu dan makaroni dan ayam di dapur. selain kacang hijau dan agar agar bubuk.
 tetapi, baru beberapa minggu lalu saya menyadari dan akhirnya tahu benar kalau setup makaroni ini memang makanan khas solo, kota tumpah darahku :D teringat dulu ketika itu saya sering bertanya tanya mengapa setelah pindha dari solo, saya tidak pernah menikmati menu seperti ini lagi. kalau di solo, menu ini menjadi sangat populer di acara acara kampung, seperti misalnya, arisan PKK, tirakatan 17 agustus seperti hari hari ini, atau pertemuan bapak bapak RW. ada yang membuatnya kental, ada yang lebih berkuah. kuahnya campuran kaldu dan susu. mungkin porsi susunya lebih sedikit mengingat menu untuk disajikan secara murah meriah massal pula. saya minta tetangga dekat rumah untuk dimasakkan setup ini sampai akhirnya punya kesempatan browsing dan menemukan resep resep berbagai versi sekaligus cerita asal usul menu ini. saya buat lagi untuk mengenang masa lalu ...
SETUP MAKARONI a la dapur KUE MANIS
inspirasi dari berbagai sumber
 untuk kira kira 5 porsi

bahan :
200 gram makaroni kerang atau pipa ( saya pakai fussili karena adanya ini didapur )
5 butir bawang merah
1 sendok teh garam
1/2 sendok merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
50 gram daging ayam rebus dipotong dadu
sedikit daun bawang yang diiris halus
1500 ml susu cair ( atau dikombinasi dengan kaldu )
2 sendok makan margarin
keju cheddar kalau suka
cara membuat :
rebus fussili sampai setengah matang, sisihkan dulu
iris tipis bawang merah lalu tumis dengan margarin sampai layu dan wangi
masukkan potongan daging aduk aduk sampai matang
tuang dengan susu cair 
masukkan garam merica dan pala aduk aduk sampai meletup letup kecil di pinggiran panci
masukkan fussili dan daun bawang
setelah mendidih sekali lagi angkat dan sajikan dengan keju cheddar parut

untuk lebih lengkap isiannya, bisa ditambahkan wortel yang dipotong dadu, kacang polong, dan atau sosis


No comments: