Monday, February 02, 2015

SOFT and LIGHT BREAD 5 minutes knead

 akhir akhir ini anakku mau makan roti. yang isi cokelat terutama. selain roti, pizza dengan topping ayam atau jamur. sekali makan jumlahnya memang tidak banyak tetapi sudah mencukupi kebutuhan kalorinya kurasa. selain makan besar dengan sayur 3 kali sehari. sayangnya membuat roti membutuhkan tenaga yang cukup besar atau listrik yang besar. jadi pengen punya resep roti yang mudah dibuat dalam porsi yang sesuai untuk keluarga kecil.
 akhirnya dapat juga resep roti yang seperti kuharapkan. porsi yang sesuai dan cara pembuatannya yang mudah. terlihat dari foto hasilnya menggugah selera bukan? awalnya kudapat resep ini dari facebook kuliner terkenal dan terpercaya. tetapi tracking juga ke blog asli resepnya, www.mykitchenaddiction.com kemudian menjalar juga maen maen ke blog blog lain yang mempunyai resep yang sama. berikut resep yang diketik ulang dari facebook ibu jenny.
 LIGHT and SOFT BREAD 5 minutes knead

225 ml susu hangat
2 sendok teh
 diaduk rata, tutup serbet bersih, dan diamkan 5 menit.

1 telur dikocok lepas
50 gram butter dilelehkan
dicampur kemudian masukkan kedalam larutan
ragi

250 gram tepung terigu protein tinggi
185 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh garam
diayak kemudian masukkan secara bertahap sambil diaduk dengan sendok kayu besar kedalam campuran larutan ragi dan telur

uleni sampai kalis tidak menempel lagi disisi sisi wadah, bulatkan kemudian diamkan dalam wadah lain yang sudah diolesi minyak sampai mengembang dua kali lipat

kempiskan kemudian bentuk dan diisi sesuai selera
 setelah selesai diisi, diamkan 10 menit, olesi dengan campuran telur dan susu, kemudian panggang
panas panas olesi dengan mentega atau margarin yang dilelehkan 
ini adalah isian lain. kalau yang diatas isi cokelat topping chocochips dan isian keju dengan topping keju parut, yang ini isiannya saus bolognaise, potongan daging asap, dan jamur diiris tipis, kemudian toppingnya saus tomat dan mayonaise, terakhir irisan keju mozzarela. yumm!!

No comments: