Monday, February 22, 2016

baked cheesecake

 satu hari ke lottemart. ada filling keju dari kraft yang lumayan murah. meskipun beratnya 1 kg, tetep dibeli. diinget inget si papa kan suka roti isian keju. tapiiiii sudah beberapa waktu kemasan 1 kg tetep utuh. g mungkin dong tiap hari bikin roti keju. jadi mulai deh nyari nyari resep yang pake keju isian. mirip cheddar tetapi lebih lunak. meleleh kalau didalam roti yang masih panas, enak. akhirnya dicoba dijadiin cheese cake saja. kan mudah membuatnya dan menggunakan 500 gram. sebagian sih sudah jadi isian roti yang empuk yang lagi booming di facebook. jadinya terlalu asin untuk cheesecake. ditambah malas ngasih topping ya gitu deh.
baked cheesecake
inspirasi resep dari mana mana

bahan alas :
300 gram biskuit ( saya pakai cookies kalengan ngabisin setok )
75 gram margarin dilelehkan ( pakai palmia )

isi :
500 gram keju isi dari kraft ( bukan iklan lho, cuma ngasih tahu aja )
2 butir telur
100 gram gula pasir ( harusnya lebih banyak lagi supaya mengurangi rasa asin kejunya )
1 sendok teh vanila

cara membuat :
siapkan loyang bongkar pasang ukuran 20cm
alasi dengan kertas roti dan diolesi margarin
panaskan oven 160 derajat
siapkan juga loyang lain lebih besar untuk merendam loyang adonan kue
hancurkan biskuit dan campur dengan margarin leleh
tuang kedalam loyang dan padatkan  
oven 10 menit dan sisihkan dulu
sementara itu kocok keju isian dan gula pasir dengan kecepatan rendah sampai lembut
masukkan telur satu persatu kemudian vanila
kocok sampai tercampur rata
tuang kedalam loyang kemudian panggang sampai matang dengan cara ia bain marie atau waterbath
setelah matang diamkan dalam oven dahulu sampai agak dingin
setelah dingin masukkan kedalam lemari es minimal 4 jam
beri topping dulu baru disajikan

2 comments:

Gina Aulia said...

Saya suka sekali dengan blog dan resep2nya, sangat inspiratif skali, krn saya juga menyukai dunia baking tetapi blm pernah mencoba membuat sndiri. Apakah mba otodidak atau pernah mengikuti kursus baking?

for the love of my life said...

halo gina :) terima kasih sudah berkunjung. maaf ya, lambat responsnya. sebaiknya gina segera mulai memcoba membuat sendiri. tidak terlalu susah kok. bisa baca dari resepnya baik baik. bisa juga buka youtube. saya belajar sendiri juga. belum pernah ikut kursus baking.

selamat masuk dapur yaaa ...