Monday, October 15, 2018

QUADRUPLE CHOCOLATE PUDDING

 Dessert yang paling mudah dibuat, enak, dan banyaaaaaak sekali variasinya. Dulu kecil, ibu saya sering membuatkan puding untuk snack pulang sekolah. Tapi waktu itu, variasi hanya pada warna dan cairan yang digunakan. Antara santan, air kacang hijau, dan susu. Dicetak dalam cup plastik kecil. Kami menyebutnya agar agar. Enak sekali disantap dingin sepulang sekolah, setelah jalan kaki panas panas.

Kemudian kalau ikut nenek ke pasar, saya dibelikan sejenis agar agar, dengan rasa jauh lebih manis, warnanya coklat, dan disajikan dal bentuk irisan. Mereka menyebutnya gudir. Saya tidak begitu suka, sebab lengket di tangan, dan berair.
Belakangan saya tahu kalau bahan dasarnya sama. Gudir dengan gula merah disebut juga puding karang. Kemudian saya belajar variasi puding lain. Tidak hanya cairan tetapi juga konsistensinya. Yang memiliki kadar cairannya lebih banyak dan lebih lembut, disebut baby pudding.
Hari ini saya buat banyak puding cokelat ini buat para keponakan yang sebentar lagi pasti menyerbu ke sini.
Quadruple Chocolate Pudding
Bagian A
4 saset agar agar bubuk cokelat
1 saset jelly bubuk rasa mangga
4 saset minuman cokelat ( bisa beng beng atau milo )
300 gram gula pasir
100 gram cokelat bubuk
3 liter air
Bagian B
2 liter susu cair cokelat
Bagian C
250 g dark cooking chocolate dipotong dadu
Cara membuat :
Aduk aduk rata bahan A di panci supaya nanti tidak ada endapan dan adonan puding tidak ada gumpalan. Kemudian didihkan sambil terus diaduk aduk.
Setelah mendidih, masukkan bahan B. Terus diaduk.
Setelah mendidih kedua kalinya, matikan api. Masukkan potongan DCC sambil terus diaduk aduk sampai larut semua. Setelah yakin larut, tuang ke dalam cetakan. Tunggu sampai keras dan set sebelum disajikan.

No comments: