Monday, October 15, 2018

TUMIS IKAN KUCING

setelah sekian tahun, akhirnya balik lagi deh, update blog sekaligus mencurahkan isi hati. semoga saja, masih ada pembaca yang suka mampir ke sini. masih ada manfaat dari resep resep da cerita yang ditulis di sini. setelah ini, hari ini, insya Allah akan sering update lagi. everybody, I am baaaaaack!!!

 
Dulu sekali, saya merancang rumah tanpa dapur. Saya ingin ada perpustakaan pribadi yang luas, koleksi pilihan, sofa nyaman, dan stereo system yang cetar. 

Ternyata dua duanya sampai sekarang belum terlaksana. Sedih mungkin tapi tetap bersyukur. Walau pun belum ada perpustakaan impian, saya sekarang bisa mengerti mengapa ada dapur seharga ratusan juta rupiah. Seandainya rezeki, rancangan rumah saya kali ini ada dapurnya. 

Meskipun tidak pandai memasak, ada beberapa masakan yang saya suka dan belajar untuk bisa membuatnya sendiri. Dan memasak atau membuat sesuatu yang menjadi kesukaan adalah hal paling hebat untuk mempelajari hal baru.

Salahsatu masakan yang saya suka dan belajar membuatnya sendiri adalah resep dibawah ini. Biasanya suka beli di warteg.

Tumis ikan kucing

Bahan :
4 ekor ikan kucing digoreng setengah matang
4 siung baput diiris tipis
5 siung bamer diiris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas digeprek
1 batang sereh digeprek
4 buah tomat hijau dipotong jadi 4
Cabe rawit utuh ( kalau mau pedas, iris tipis tipis )
1 sdm kecap manis
Garam dan gula pasir pakai ilmu kira kira
Petai kalau suka ( saya tidak suka jadi dianggap bumbu saja tidak dimakan )


Cara membuat :
Tumis baput dan bamer, setelah agak layu, masukkan salam lengkuas sereh dan tomat.

Masukkan ikan. Beri kecap gula dan garam. Tanbahkan sedikit air. Setelah mendidih, diicip dulu. Setelah rasanya sesuai selera, kecilkan api dan tutup kira kira 5 menit. Angkat dan sajikan.

No comments: