Tuesday, September 18, 2012

bolu gula merah kukus

hari ini, hari ketiga anakku tidak masuk sekolah karena suhu badannya panas naik turun. kalau pagi menjelang shubuh panas banget sampai dia menggigil atau ngelindur. ibu mana yang bisa tenang, melihat anaknya dalam keadaan seperti itu? tetapi setelah pagi sampai siang suhu badannya akan turun normal. malah kemarin sesiangan dia riang gembira bermain. kukira hari ini bisa sekolah. sore sudah naik sepeda sholat jamaah maghrib ke masjid. makannya mulai baik juga. malam hari tidur lebih cepat tetapi beberapa jam kemudian panas tinggi banget. kakinya nyenggol lenganku bikin kaget dan khawatir.
jam 5 pagi dokter memeriksa. katanya panas biasa. ada batuknya juga. sekarang pun suhunya normal. mungkin karena obat baru yang dikasih dokter, sudah hampir dua jam tidur di sofa didepan tivi. sementara emaknya nguplek di dapur dan akhirnya di depan komputer.
back to laptop, bolu kukus ini hasil jalan-jalan di facebook. ada yang posting tapi tak ada foto. dibaca-baca kok resepnya mudah dan bahannya lengkap. jadi setelah kuota snack pasien terpenuhi, aku langsung kebut. bolunya wangi bumbu spekuk dan gula palem made in banten. ini kloter terakhir. 
bolu gula merah kukus
bahan :
4 butir telur
250 gram gula merah disisir ( saya pakai gula palem yang kaya' semut itu )
1 sendok makan emulsifier ( saya pakai quick )
250 gram tepung terigu ( segitiga biru adanya )
1/2 sendok teh bumbu spekuk
1 gelas belimbing minyak goreng
cara membuat :
kocok telur, gula, emulsifier, dan tepung terigu sampai kental berjejak dengan mixer kecepatan tinggi kemudian pelan-pelan turunkan kecepatan sampai minimum dan tuang minyak goreng pelan-pelan
aduk rata kemudian tuang kedalam loyang yang telah dialas kertas kue dan diolesi tipis minyak goreng
kukus dengan api sedang setelah kukusan sudah dipanaskan terlebih dahulu

enbe :
saya pakai loyang 20 cm bulat tinggi 7 cm tetapi ternyata masih ada sisa 4 cup besar. jadi mungkin sebaiknya pakai 22 cm saja. hasilnya menjulang. lembut dan wangi. ada dua yang saya tuang ke cup bolu kukus yang bolong-bolong dengan alas cupcake case, eh, jadinya mekar juga lho :)
 

No comments: