Friday, October 19, 2012

puding dan bolu

sudah lebih seminggu yang lalu bikin sponge cake. mencoba satu resep dari blog negara tetangga. udah gitu, g punya ide mau diapain. mau dimakan begitu saja kok sayang. kurang seru. tadinya mau bikin mango mousse cake. dibaca-baca kok resepe panjang biyanget. halah. pasti error ditengah jalan. belum lagi ada bahan yang kurang. padahal gelatinnya sudah dikeluarin. dipajang didepan mata. eh, baca-baca sedap edisi tahun lalu ada tema belajar membuat puding busa. hmmm ... sponge cake dilapis puding enak kali ya ... cling! 
review dari resep puding busa dan sponge cake ini : enak. sponge cakenya padat lembut moist. bahkan setelah disimpan seminggu di kulkas. setelah disimpan dan mencapai suhu ruang lagi, dia kembali lembut g jadi keras dan kaku. sayangnya lupa, resep sponge cake siapa ya? :( puding busanya lembut dan dengan rasa manis yang pas. nyam nyam nyam ... kalau di majalah, selapis lagi puding susu putih. ternyata g ada susu putih. dan edisi menghabiskan semua bahan sedang berlangsung, ada 4 botol sirup cocopandan di dapur. ckckck ... siapa yang mau minum sebanyak itu yah? jadi deh, lapis berikutnya puding coco pandan bening banget. cuma dikasih air saja. 

lumayan kan, untuk cemilah hari sabtu yang indah sambil nemenin anakku nonton vcd transformer yang kedua :D 

RESEP PUDING BUSA 
bahan :
400 ml susu cair 
30 gram cokelat bubuk
35 gram gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk ( kaya'nya pakai yang cokelat sekalian malah lebih bagus )
3 putih telur
sejimpit garam
65 gram gula pasir

cara membuat :
basahi loyang agar-agar dengan air agar nanti mudah dilepaskan
tuang gula pasir, cokelat bubuk, agar-agar bubuk, dan susu kedalam panci kemudian aduk rata
nyalakan api kompor dan masak sampai mendidih
sisihkan dulu
kocok putih telur dan garam sampai berbusa kemudian tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sampai mengembang tetapi tidak terlalu kaku
( kalau kocokan telur diangkat, ujungnya melengkung turun dan tampilan adonan putih berkilat )
tuang adonan agar-agar sedikit dan pelan-pelan sambil terus dikocok rata
tuang kedalam cetakan dan dinginkan


No comments: