Friday, March 28, 2014

ACAR TIGU from east kalimantan

 waktu baca baca tentang event ini, terbayang akan banyak sekali pilihan masakan dari indonesia. jangan menyebut indonesia, terlalu berwarna warni. sebut saja dari jawa dulu. lalu ada jawa tengah, jawa barat, jawa timur, banten, dan dki jakarta. itu kalau dibagi menurut wilayah. sedangkan masakan lebih dekat kepada pribadi, manusia, dan budayanya. jadi bisa disebutkan sunda, madura, jawa timuran, jawa tengah yang tengah seperti solo dan sekitarnya, atau jawa tengah yang barat mepet dengan jawa barat, banten, atau betawi. masing masing dari itu memiliki masakan berbeda beda. memang tidak sangat berbeda, tetapi berbeda. tetapi mungkin justru karena terlalu banyak pilihan. dari pulau besar seperti sumatera, sulawesi, kalimantan, jawa, dan papua, dan ratusan pulau pulau kecil di negara ini. beberapa hidangan sangat terkenal dan beberapa hidangan langka nyaris langka. menyedihkan kalau hidangan menjadi langka bahkan didaerahnya sendiri. biasanya kaum mudanya yang sering terlewat.
 saya tidak bisa memasak dan pengetahuan saya tentang masakan juga nyaris tidak ada. saya belajar memasak hanya masakan masakan yang saya sukai dan tidak bisa dibeli lagi :D terutama dulu ketika jauh dari tanah tumpah darah saya. tetapi demi event ini, demi mengenalkan salahsatu kekayaan budaya negara ini, saya belajar memasak. saya buka smeua koleksi buku resep masakan saya, sempatkan untuk browsing dan benar, hidangan tertentu mulau sulit dicari referensinya. lalu saya intip juga posting dari para blogger lainnya. yang terbaca adalah masakan bali. mungkin karena bali adalah pulau cantik yang sangat terkenal. kecantikan pulaunya mengundang orang orang dari luar negeri untuk berkunjung kemudian mencicipi masakannya. masakan bali, masakan minang, dan masakan yang populer seperti nasi goreng dan mie goreng. lalu saya putuskan untuk mencoba masakan masakan lain yang sederhana tetapi yang belum banyak dikenal. ketika menemukan resep ini dibuku, kelihatannya bumbu dan cara membuatnya sederhana. bahan utamanya pun mudah didapat. dimana mana pasti ada telur ayam kan? saya sendiri belum pernah pergi ke kalimantan. mungkin makan waktu 3-4 jam perjalanan dengan pesawat terbang, tergantung kalimantan disisi mana yang dituju. kalimantan adalah pulau yang besar dimana salahsatu sisinya berbatasan dengan negara malaysia.
ACAR TIGU
Hidangan Khas Kalimantan Timur
Dari buku SEDAP 52 Hidangan Sulawesi dan Kalimantan

Bahan :
6 butir telur ayam direbus matang, dikupas, dierat kerat, goreng sampai berkulit
3 buah cabai merah besar dicuci dipotong 3 cm
3 buah cabai hijau besar dicuci dipotong 3cm ( saya tidak pakai )
¾ sendok teh garam
½ sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu dihaluskan :
7 butir bawang merah
3 siung bawah putih
1 cm jahe
2 cm kunyit dibakar dulu

Cara Membuat :
Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan cabai merah dan cabai hijau, aduk sampai layu
Tambahkan telur sambil diaduk rata, masukkan garam, gula dan air
Masak sampai matang dan bumbu meresap
Tambahkan cuka aduk rata dan angkat

i am submitting this post to ASIAN FOOD FESTIVAL : Indonesia hosted by Alice I Love.I Cook.I Bake

 

2 comments:

Zoe said...

Your spicy egg dish looks very yummy! I think that my husband will love this :D

for the love of my life said...

thank you, zoe, for stopping by. i found myself that this spicy egg is simple to cook and yummy. i wish you enjoy it too :)