Saturday, November 29, 2014

APAM POLKADOT

 I looooooove polkadots. any colors. cute and playful but in a good taste could be so elegant and chic. what? maksude baju polkadot. wkwkwk ...
 bukan orang indonesia namanya, kalau tidak bisa memberi nilai tambah atau memodifikasi resep sampai akhirnya berkembang jauuuuh dari asalnya. contoh mudah adalah brownies. yang aslinya dipanggang dan padat ditangan para chef kita, menjadi brownies yang dikukus empuk menul menul dan variannya menjadi sangat banyak mulai pandan sampai keju. sangat wow deh.
 apam polkadot atau apam dot dot ini juga. mula mulanya persis plek dengan resep asli dan model asli seperti di foto atas. lalu berubah menjadi berbagai macam karakter yang sedang in. mulai angry bird, minion, sponge bob dan entah siapa lagi yang wajahnya dilukis pada permukaan apam ini. lucu lucu sekali. kalau dulu cupcake dikemas satuan menjadi isian goodie bag anak anak yang sedang berulangtahun, sekarang apam dot dot atau bolu kukus fancy atau character bolu ini yang menjadi alternatif. sangat kreatif.
 entah salahnya dimana, satu resep yang kucotek ini hanya menghasilkan 10 bolu saja. ditambah 2 yang mekar seperti bolu kukus. kuduga karena apinya terlalu besar. menurutku siy bolu ini sangat padat. tetapi dilihat dari komposisi bahan cair dan padatnya, seharusnya bisa diduga kalau kurang spongy dan agak seret dimakan. karena pada dasarnya bolu kukus biasa saja, bisa dicoba lagi dengan resep bolu lainnya tetapi dikasih motif sesuai selera.
Apam Dot Dot
Oleh: Azie Kitchen 
3 biji telur sejuk (dari dalam peti ais)
275 gm tepung gandum
220 gm gula halus
150 ml susu segar
3 sk baking powder
1  sk ovalette
Filling - ikut suka (coklat nuttella)
Pewarna - ikut suka (merah dan purple) 

Masukkan telur satu persatu ke dalam mixer bersama gula (boleh guna gula pasir je), biar hingga telur benar-benar kembang, baru diikuti dgn ovellete, tepung yg telah bercampur baking powder dan akhir sekali masukkan susu segar. Pukul dengan kelajuan maksima hingga kembang (dlm lebih kurang 8 minit).

Bahagikan adunan kepada 2 bahagian atau lebih. Titiskan pewarna ke setiap satu mangkuk tersebut menggunakan warna berlainan ikut kesukaan anda. 

Utk buat dot dot, ambil dalam 1/4 cawan dan dibiarkan warna asal. Kemudian masukkan ke dalam piping bag atau plastik biasa. Potong bucu utk kerja kerja membuat dot dot. 
Picitkan/sudukan adunan berwarna ke dalam acuan kertas yang telah disusun dalam acuan lompang utk mengelak acuan dari mengembang ketika dikukus.

Letakkan filling secukupnya dengan menggunakan piping utk memudahkan kerja anda.

Picit lagi adunan berwarna sehingga penuh permukaan acuan kertas itu bagi mendapatkan apam yang montel.
Selepas itu bolehlah membuat kerja dot-dot ke atasnya dgn warna pilihan mengikut kreativiti sendiri.

Pastikan air pengukus betul-betul panas, baru masukkan adunan ke dalam pengukus. 
http://aziejaya.blogspot.com/2012/06/apam-dot-dot-aka-apam-polkadot.html

No comments: