Thursday, May 26, 2016

puding susu mozaik

 udara panaaaas sekali hari ini. cuma puding yang memahami isi hatiku. setelah coba coba resep resep, kayanya baru ini yang layak tayang. hasil menggabungkan beberapa ide, disesuaikan dengan selera dan isi lemari dapur. rasanya lembut manis manis jambu dan setelah masuk kulkas, tanpa vla, rasanya segaaar gitu. seperti puding puding lainnya, modalnya cuma kompor, panci dan sendok kayu buat ngaduk aja. kalau punya loyang beraneka bentuk. hasil akhirnya akan lebih cantik lagi.
 puding susu mozaik

untuk mozaik merah :
1 bungkus agar agar bubuk warna merah
100 gram gula pasir
700 ml air
semuanya dimasak sampai mendidih dan tuang kedalam wadah persegi.
dinginkan dan setelah mengeras dipotong kotak kotak kecil. sisihkan dulu.

untuk mozaik hijau :
bahan dan cara membuat sama persis.

siapkan loyang agar agar dan basahi dengan air minum. susun mozaik yang sudah dibuat kedalam loyang. diacak atau ditabur atau mau disusun sesuai selera saja. 

puding susu :
1 bungkus agar agar bubuk putih
1 bungkus jelly plain
200 gram gula pasir
1400 ml susu cair putih
aduk seluruh bahan sampai rata kemudian nyalakan api dan masak sampai mendidih
tuang kedalam loyang yang sudah berisi mozaik tadi
dinginkan sampai mengeras
siap dihidangkan
 
kacian deh, blognya nyaris jamuran. 2 bulan tidak ditengok apalagi update. nampaknya baru kedua kali kejadian begini. macem macem yang terjadi menghilangkan mood ke dapur. semoga ini yang terakhir deh. oh ya. sedikit tips. kalau hasil dari mozaik nya tidak terlihat jernih, mungkin karena gula pasirnya, bisa disaring dulu sebelum dituang kedalam loyang. dan kalau ingin warnanya lebih hidup, silakn ditambah pewarna makanan lagi. atau bisa juga pasta strawberry untuk  mozaik merah. pasta pandan untuk mozaik hijau. mozaik bisa 2 atau 3 warna. bentuknya juga bisa bermacam macam.

No comments: