Saturday, November 17, 2018

BOLU KARA harum lembut dan gurih

2 - 3 hari ini di timeline facebook ada resep kue yang bolak balik dishare. judulnya bolu kara. rupanya resep ini ditulis dan dipost disalahsatu grup kuliner. sepertinya akan menjadi bolu yang lembut, empuk, manis, dan gurih sekaligus. mumpung semangat, setelah kelar urusan rutin rumah, langsung praktek resepnya. 

 alhamdulillah, setelah hibernasi 2 tahun, ternyata kesaktian tidak langsung hilang. masih ada sisa sisanya. bolu karanya jadi sesuai harapan. lembut, empuk, wangi pandan, dan sedikit rasa gurih dari santan. punya saya gurihnya banyak sebab minyak gorengnya sisa goreng tahu buat sarapan hahaha. baru goreng tahu sekali masih bening bersih disaring. males pula buka kemasan minyak goreng yang baru.

Bolu Kara 
Resep Elly Amoy

Bahan :
2 gelas tepung terigu
1 1/2 gelas gula pasir
1 atau 2 bungkus Santan kara ukuran kecil
1/4 gelas minyak
1/4 gelas air matang
1/2 sdt baking powder (boleh d skip bun)
1 sdm ovalet
6 butir telur
Pasta pandan secukupnya


Cara membuat :
Campur gula, telur, ovalet, baking powder mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Kemudian masukan tepung terigu mixer dg keceptan rendah. Masukan air, minyak, kara, dan pasta pandan aduk sampai merata. Masukan ke loyang yg sudah di olesi mentega dan tepung. Masukan adonan ke dalam kukusan yang sudah panas. Kukus selama 30 sampai 40 menit.
  Selamat mencoba bolu kara ala ala Elly Amoy#

 https://web.facebook.com/groups/arkme1.1/permalink/347384022729392/

 resep aslinya pakai gula pasir 1 1/2 gelas. saya hanya menggunakan segelas saja. oh ya. gelas yang dimaksud di sini adalah gelas belimbing. bisa disearch di blog ini bagaimana rupanya gelas belimbing. saya lupa juga tidak konversi dulu ke dalam ukuran gram supaya lebih mudah.
 selain itu, saya menggunakan 5 sendok makan santan cair instant. sebab tidak punya santan kara kecil. seingat saya isinya kira kira 60 gram. karena telur dari pasar ukurannya kecil kecil, saya pakai 7 butir telur. resep aslinya  pakai 6 butir telur. alhamdulillah perkiraan pas. adonan kuenya tidak terlalu cair atau terlalu kental. saya pakai metode all in one untuk membuat resep ini. jadi seluruh bahan, kecuali minyak goreng, dikocok dengan mixer sekaligus selama 7 menit dengan kecepatan tinggi. kemudian kecepatan mixer diturunkan bertahap. setelah sampai kecepatan terendah, masukkan minyak goreng. step ini paling berbahaya untuk pembuatan cake tipe sponge cake seperti ini. sebab adukan kurang rata bisa meninggalkan endapan minyak dibawah adonan cake setelah matang. 
untuk mengatasinya, ambil sedikit adonan telur ke dalam mangkok, kemudian tuang minyak goreng ke dalamnya. setelah diaduk rata dan homogen, baru dicampur ke dalam adonan.
 saran penyajian, selain dicetak dalam loyang besar kemudian dipotong potong. bisa juga digunakan loyang tipis. diolesi dengan krim dan ditaburi keju. pasti lebih lezat dan tampilannya lebih cantik. salahsatu teman sudah mencoba resep ini dan mematangkannya dengan cara dioven. sebelum masuk oven, ditaburi keju cheddar parut. hasilnya sama enaknya. tergantung selera saja.

No comments: