Saturday, November 10, 2018

Puding Mutiara - Metode Fah Umi Yasmin

dulu waktu kecil, saya diajari dan dilibatkan dalam banyak aktifitas. memasak, menjahit, menyulam, ikut bela diri, les main gitar, berenang, kadang kadang jalan jalan ke pantai, banyak membaca buku, dan lain lain. ada yang saya suka dan bisa, ada yang saya bisa tapi tidak suka, ada yang saya suka tapi tidak bisa, ada yang saya tidak suka dan tidak bisa. ada juga setelah tua baru belajar kemudian suka dan menjadi bisa.

seseorang memberitahu saya, bahwa makin banyak yang kita bisa lakukan dalam hidup, maka hidup akan lebih mudah. 
pada akhirnya setelah tua sekarang, sebenarnya banyak hal yang saya sukai mulai mendengarkan musik, menonton film di bioskop, membaca novel, membuat kue, jalan jalan ke mana saja entah dalam atau luar kota, atau dalam dan luar negeri. intinya saya jadi punya banyak pilihan untuk mengisi waktu. baik cara produktif maupun konsumtif hahaha

dan menulis adalah salahsatu usaha saya merekam dan mencatat semua kegiatan. saya berharap menjadi kenang kenangan dan jadi bacaan untuk anak cucu kelak. 

 di grup facebook natural cooking club, mbak fah umi yasmin ini sering berbagi resep yang hasilnya memuaskan. baik komposisi dan cara membuatnya lebih mudah dipahami. sepertinya saya baru mencoba kuker semprit dengan susu kental manis. rasanya enak dan mudah dibentuk. sayang waktu itu saya memberi pewarna ungu terlalu banyak.

kali ini beliau membagi resep cara memasak yang bisa dipraktekkan untuk beberapa bahan berbeda. saya pilih mutiara ini sebab ada sedikit bahannya di rumah. warnanya bening. butirannya lebih kecil. saya lupa dulu belinya di mana. umumnya di sini warna merah. karena bening saya tambahkan pasta pandan. 

mutiara ini kesukaan serumah. dan biasanya membuatnya susah payah sebab tidak tahu takaran yang paling pas. terima kasih untuk mbak fah umi yasmin yang tidak hanya memberi takaran yang pas tetapi juga metode memasak yang cepat dan mudah.
 puding mutiara
atau
bubur mutiara


bahan :
100 gram mutiara
700 ml air
100 gram gula pasir ( sesuaikan dengan selera ya )
2 lembar daun pandan

cara membuat :

rebus air dan pandan sampai mendidih kemudian masukkan mutiara. sambil diaduk pelan selama 5 menit. kemudian tutup pancinya dan matikan kompornya. 

30 menit kemudian, nyalakan api, setelah mendidih masukkan gula, setelah larut semua, matikan. mutiara siap dihidangkan.

saya menyebutnya puding sebab saya cetak di cetakan puding. sehingga lebih mudah disimpan di dalam kulkas. kalau mau makan dipanaskan di microwave dulu. 

oh ya. cara ini bisa digunakan untuk membuat bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, atau membuat singkong a la thailand. cara yang sangat menghemat gas dan tidak punya panci presto. 

No comments: