Wednesday, April 08, 2015

jajan pasar


 selamat ulangtahun papaku sayang ... 
semoga sisa usiamu berkah manfaat bersama kami semua dalam kesehatan keimanan keislaman kesabaran kekuatan yang dianugerahkan Allah kepadamu, amiiin

 beberapa tahun lalu tak buatkan juga jajan pasar seperti ini tetapi dalam tampah dilapis dan dihias daun pisang. tahun ini tidak ada waktu nyari apalagi menghias tampah. jadinya pakai mika nampan saja. kalau dulu heboh sekali sekarang sudah lebih pintar membagi waktu membuat kue kue kecil ini.
 ada 6 macam kue khas indonesia atau mungkin sebagian besar bangsa melayu. onde onde, apem nasi, bolu kukus, bolu gula merah, kue kue, dan kue lapis beras. pengennya sih bikin lebih banyak jenisnya. apa daya tenaga terbatas. pengen ada klepon, talam, wajik, dan kue mangkok. semoga tahun depan masih ada kesempatan untuk membuat jajan pasar yang lebih lengkap.
 ada yang bikin jajan pasar disusun seperti tumpeng. bagus sekali apalagi kalau diletakkan ditengah meja prasmanan. hiasan yang juga bisa dimakan. tapi belum kebayang bagaimana caranya membuatnya tegak begitu. tengahnya pakai apa ya?
 highlightnya kue ku dan bolu gula merah. keduanya rasanya legit manis. seperti harapan untuk yang berulangtahun supaya kehidupannya penuh hal hal yang membahagiakan katanya.
 nah, ini kelihatan onde onde dan apam nasinya. apamnya kenyal lembut dan tidak terasa asam kali ini. kelihatannya banyak yang suka dengan jajan pasar ini. mungkin karena ukurannya cukup kecil dan rasanya tidak eneg seperti kalau makan bolu atau cake. bisa juga karena disusun berbeda warna kan lebih menarik perhatian ...

No comments: