Sunday, June 21, 2009

brownies ketan hitam

brownies ketan hitam
bahan :
6 butir telur
150 gram gula halus
1 sendok teh emulsifier
250 gram tepung ketan hitam
200 gram margarin dilelehkan
125 gram coklat blok yang putih
cara membuat :
panaskan oven dan siapkan loyang 18 X 18 cm
kocok telur, gula dan emulsifier sampai kental, putih, dan mengembang
masukkan tepung ketan hitam sambil diayak dan diaduk perlahan
tambahkan campuran margarin dan coklat leleh diaduk rata
tuang kedalam loyang dan panggang sampai matang
karena semua bagian dari hidup saya sekarang sudah berada di satu tempat sehingga tidak ada lagi acara mondar mandir yang menghabiskan tenaga, waktu, biaya dan juga pikiran, saya berpendapat sudah saatnya untuk mengenal dan membaur dengan masyarakat disini. bersikap seperti selayaknya tetangga yang saling menghormati dan saling memberkan bantuan saat dibutuhkan.
berdasarkan pemikiran tadi, ketika menerima undangan syukuran khitanan dari kolega, saya bersemangat untuk membuat kue ini. saya berharap rasanya enak dan mencerminkan ketulusan hati saya menerima undangannya. tetapi karena itu hanya pemikiran saya sendiri, saat membuatnya, tidak sepenuh hati dan pikiran. hasilnya tidak sebagus yang diharapkan. memang masih enak. tetapi tampilannya kurang layak sebagai buah tangan.
sebenarnya enak sekali ketan hitam ditambah dengan lelehan coklat. jadi lebih legit meski takaran gulanya dikurangi. kuenya empuk dan ringan dan lembab. tidak bikin seret. bagaimana pun, saya sudah berniat baik. kalau tidak kesampaian, mungkin tidak cukup hanya baik.

No comments: