Saturday, June 13, 2009

i heart of banana cake

di kota saya ada satu mall dengan dua supermarket didalamnya. suami saya bilang, supermarket yang dibawah biasanya lebih murah. yang diatas lebih besar dan bersih tetapi harganya masih bisa disaingi dengan yang dibawah. biasanya saya pilih ke supermarket yang diatas untuk membeli beberapa barang yang dibawah tidak ada. selain tempatnya yang nyaman, tidak terlalu penuh dan tidak bising sehingga saya bisa belanja dan tetap waspada mengasuh anak saya. kemudian suami saya dengan catatan belanja yang lebih banyak, ke supermarket yang dibawah. sesudahnya ketemu di tempat mainan anak.
kemarin hari yang berbeda.
kemarin hari yang berbeda. karena hampir semuanya ada di supermarket yang dibawah, kami bareng aja. yang saya beli diantaranya adalah pisang, durian, dan telur. semuanya laris dirumah. untuk dimakan langsung atau dibikin kue. setelah lengkap, saya duluan naik dengan anak saya. ternyata pisang, durian, dan telur lebih murah seribu rupiah di supermarket atas. weleh. sudah terlanjur beli jeh. dasar.
masa' mau beli telur lagi? ditaruh dimana? tapi beda seribu kan lumayan yah. huh. bingung. durian sudah beli yang besar juga. wangi dan matang bagus. payah deh. pas lewat bagian pisang, ada setengah troli pisang yang matang banget dan kulitnya berbintik-bintik. kata mas yang jagain, ini diskon 50%, bu. aduh. masa' beli pisang lagi. tapi biar saja siy. saya pegang dan pilih beberapa yang bagus. sambil mikir dibikin kue apa lagi yah? sampai dirumah siy, sebagian dibagi buat mbak. bantuin ngabisin ya, mbak. hehehe. dan 4 buah yang pertama jadi banana cake yang ini. hmm, uenak. empuk, lembab, dan wangi.

banana cake
bahan :
200 gram margarin
100 gram gula halus
4 butir telur dipisahkan kuning dan putihnya
2 sendok makan gula pasir
4 buah pisang ambon matang dihaluskan dengan garpu
250 gram tepung terigu
50 gram keju cheddar diparut halus

cara membuat :

panaskan oven dan siapkan loyang hati.

kocok margarin dan gula halus sampai lembut.

masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok.

masukkan pisang yang sudah dihaluskan. sisihkan dulu.

kocok putih telur sampai setengah mengembang dan tambahkan sesendok gula pasir.

kocok lagi dan tambahkan sesendok gula sampai ujung-ujungnya melengkung kalau adukan diangkat. sisihkan.

tuang setengah bagian putih telur kedalam adonan margarin sambil diaduk rata.

tambahkan tepung terigu yang sudah diayak dengan baking powder sambil diaduk rata.

masukkan sisa putih telur kocok dan tepung terigu bergantian.

tambahkan keju parut. aduk rata seluruhnya.

tuang kedalam loyang dan panggang sampai matang.


No comments: