Tuesday, January 25, 2011

belajar bikin chiffon cake :))

foto diatas adalah percobaan pertama chiffon cake. resep yeni ismayani dari buklet tabloid Aura. sebenarnya rasanya sangat enak, empuk, moist dan terasa keju. sayangnya, bentuknya tidak bagus. analisis sementara dari amatiran : kepanasan suhu oven sehingga retak di permukaan kuenya. atau ngaduk putih telurnya kurang bagus. bisa juga hanya karena waktu panggangnya kurang lama. juga karena adonannya luber. padahal ukuran loyang sudah sesuai dengan resep. meskipun bentuknya jelek saat masih utuh, setelah diiris dengan pisau bergerigi, aman-aman saja. dimakan sampai habis dan masih ditanyain lagi. penasaran keluar ;p
beli lagi dua loyang dengan ukuran yang lebih kecil. masing-masing 16 cm. adonan tak bagi dua, ngaduk putih telurnya dengan hati-hati, ngaduk adonan pasta begitu juga, loyang dan tatakannya ikut dipanasin sebelum adonan dituang, dipanggang dengan api yang lebih kecil. hasilnya masih meluap. oh, ya. beli telur lagi. karena sisanya malah yang kuning, ditambah satu telur lagi terus didadar saja. nyam! meski meluap dan bentuknya meliuk-liuk begitu, tetap amat enak dan tamat. just in case ada yang mau menaklukkan resepnya :
chiffon keju
by yeni ismayani
bahan a :
7 kuning telur
200 ml susu cair
75 ml minyak goreng
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
50 gram keju cheddar parut
aduk rata dulu bahan kering kemudian buat lubang ditengahnya dan tuangi dengan bahan cair sedikit-sedikit sampai menjadi adonan yang licin dan halus.
bahan b :
8 putih telur
100 gram gula pasir
kocok putih telur sambil ditambah gula sedikit-sedikit dengan kecepatan sedang. hentikan mixer apabila adonan sudah mulai kaku, warnanya putih mengkilat, halus, licin, dan tidak tumpah ketika dibalik.
masukkan adonan putih telur kedalam adonan pertama bertahap 3-4 tahap. aduk perlahan dan jangan sampai ada sisa putih telur (sisa putih telur yang tidak teraduk akan membuat cake berongga besar)
tuang kedalam loyang dan panggang sampai matang (tergantung oven masing-masing)

akhirnya yang ketiga! berhasil membuat bentuknya cantik. bisa dihias. enak juga tetapi tidak seenak resep yang pertama. bukan menyalahkan resep ya. tapi percobaan terhadap kedua resep menunjukkan hasil akhir yang berbeda. nanti dicoba lagi resep dari Primarasa ini tetapi dikurangi waktu panggangnya. sebab katanya ini chiffon, seharusnya enak. dipilih dari berbagai blog dan banyak yang sudah coba komentarnya enak enak enak ;p

Chiffon Keju

Seri Masak Cake Istimewa Femina
Bahan:

150 g terigu protein rendah, ayak
100 g keju cheddar, parut
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
100 g gula kastor
100 ml minyak goreng
100 ml susu cair
5 kuning telur
7 putih telur
1/2 sdt cream of tartar
Cara :Campur terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam, dan 2 sdm gula, aduk rata. Buat lubang di tengah tepung, tuang minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk hingga licin, sisihkan.
Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan cream of tartar dan sisa gula.
Masukkan putih telur, aduk perlahan hingga rata.
Tuang adonan ke dalam loyang. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang (lk 75 menit).

pokoknya ya, kalau mau bikin chiffon cake, pilih telur yang masih segar. supaya putih telurnya juga bagus. putih telur yang sudah encer menyisakan air dibawah adonan kakunya. lalu jangan lupa, membersihkan mangkok dan whisker untuk mengocok putih telur dengan seksama. sesudah disabun dan dibilas bersih, disiram air mendidih untuk menghilangkan sisa lemak yang masih ada. mengocoknya juga tidak boleh ngebut. mesti sabar dan pelan-pelan supaya tidak terlewat step -soft peak- yang dibutuhkan. besok coba lagi ah ;)