Monday, January 17, 2011

TALAM EBI

pertama kali saya melihat pembuatan kue ini adalah di akhir tahun 1994 di semarang. dibuat oleh salahsatu ibu yang juga istri salahsatu petinggi militer disana. beliau menerima pesanan kue-kue semacam ini. mama saya menyebutnya "keleman". waktu itu sempat mencicipi juga untuk penutup makan malam. tetapi hanya sampai situ saja ketertarikannya.
sekarang ini, 2011, tujuh belas tahun kemudian, baru saya tertarik mencoba membuatnya. tidak terlalu susah siy. rupanya beliau dulu membuat sendiri bahan-bahannya. dari beras berkualitas dan santan yang diparut dan diperas. tentu lain sekali dengan buatan saya. at least, saya sudah tambah satu ilmu lagi ; bisa bikin kue talam.
resep dari buku yasaboga yang berjudul kue-kue indonesia. saya pengen sekali bisa mempraktekkan setiap resep di buku itu. kemudian saya akan bangga sekali sebagai orang indonesia yang memiliki kekayaan kuliner luar biasa. dari berbagai suku dan daerah di indonesia ;))