Friday, September 18, 2009

young coconut cake

mustinya puasa belajar bersabar. rupanya saya tidak lulus harapan menjadi orang yang sabar. dari gelap sebelum shubuh saya menyiapkan perbekalan mudik. si kecil resah tidurnya sehingga pekerjaan sebentar-sebentar ditinggal dan akhirnya sampai hari terang belum selesai. sementara saya selesaikan packing, si kecil menemukan dompet kosmetik. tidak lama kemudian lantai tertutup body lotion campur bedak. nggak keruan tampaknya. saya diamkan saja selama packing lancar. kalau si kecil kurang sibuk, pasti kekacauan akan timbul. kemudian betul tebakan saya. kue yang tadinya mau dikasih ke tetangga, dicolek-colek padahal sudah rapi tinggal dikasih saja. akhirnya dipotong-potong. saya pikir nanti agak sorean saya bisa bikin lagi. si mbak datang dengan 4 kelapa muda pesanan saya. entah bagaimana, tiba-tiba sebaskom air kelapa muda dari 4 buah kelapa muda itu dituang ke keranjang sampah! daripada dagingnya terbuang, meski sudah lelah nggak keruan, saya putuskan membuat cake lagi dengan melibatkan daging kelapa muda ini. sebenarnya yang justru saya butuhkan adalah airnya. yang dengan cepat memulihkan energi setelah kepanasan seharian. jadilah cake kelapa muda ini. entah bagaimana rasanya sebab meski sudah dipotong, bedug maghrib belum terdengar.
cake kelapa muda
bahan :
250 gram margarin
150 gram gula halus
6 butir telur dipisahkan kuning dan putihnya
300 gram tepung terigu
daging kelapa muda dari 4 kelapa muda (saya tidak sempat menimbang)
kismis untuk taburan

cara membuat :

panaskan oven dan siapkan loyang

kocok margarin dan gula halus sampai lembut sekitar 10 menit (versi mixer saya yah)

tambahkan kuning telur satu persatu dan pastikan adonan sudah menyatu sebelum ditambahkan kuning telur berikutnya

sisihkan dulu adonan margarin

kocok putih telur di wadah lain terpisah sampai mengembang tetapi tidak kaku dan tambahkan sedikit garam

sisihkan dulu adonan putih telur

tambahkan tepung terigu kedalam adonan margarin dalam 2 tahap dan aduk rata

kemudian tambahkan lagi adonan putih telur

terakhir masukkan daging kelapa muda

aduk rata seluruhnya dan tuang kedalam loyang

taburi dengan kismis

panggang sampai matang