Monday, October 12, 2009

refreshing mango pudding

di milis ada yang berbagi resep puding mangga. kebetulan banget bikin puding mangga dengan yoghurt, dua hari yang lalu nggak bisa set. padahal sudah dimasak sampai meletup-letup. mungkin kebanyakan yoghurtnya atau kurang bubuk agar-agarnya. daripada penasaran, bikin lagi saja. tidak sama persis dengan resepnya karena memang tidak ada bahannya. mustinya dengan air jeruk manis. dan pengaruhnya besar ketika diganti susu uht. lha warnanya jadi nggak kuning cerahh. kuning buluk jadinya.
terima kasih untuk the ferris kitchen yang sudah sharing resepnya yah. maaf diubah sedikit sesuai keadaan. malas ngetik panjang lagi, maaf tak kopi paste saja yah.

http://babyhakunamatata.multiply.com/recipes/item/12
source : PrimaRasa
Ingredients:
500 gr daging buah mangga arumanis/gedong
500 ml air jeruk manis (saya pakai nutrisari rasa florida orange 2 sachet plus air 500ml)
150 gr gula pasir
2 bungkus agar-agar putih
4 putih telur, kocok kaku
200 gr daging buah mangga arumanis/gedong, iris dadu 1 cm
50 gr kismis, rendam dalam 2 sdm rhum (skip karena keabisan kismis dan esens rhum)
Vla :
2 kuning telur
75 gr gula pasir
1 ½ sdm tepung maizena
500 ml susu cair1/8 sdt vanili bubuk2 sdm rhum (skip)
Directions:
1. Siapkan 6 buah cetakan pudding kurleb 200 ml, basahi dengan air matang. Potong-potong daging buah mangga, proses dalam blender dengan kurleb 100 ml air jeruk manis hingga halus. Angkat, sisihkan.
2. campur sisa air jeruk manis, gula, agar-agar dalam panci. Aduk hingga agar-agar larut. Jerang di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan mangga yang telah diblender, aduk hingga mendidih kembali.
3. tuang adonan sedikit demi sedikit ke dalam putih telur kocok sambil dikocok menggunakan mikser berkecepatan rendah hingga rata. Tambahkan mangga iris, aduk rata menggunakan spatula. Tuang adonan dalam cetakan, simpan dalam lemari es hingga set.
4. Vla : kocok kuning telur dengan 1 sdm gula, masukkan maizena dan kurleb 50 ml susu, aduk rata, sisihkan. Masak sisa susu dan gula hingga gula larut dan mendidih (aku suka aduknya pake whisker biar rata dan nanti pas dimasukkin campuran maizena gak akan gumpal), lalu ambil kurleb 2 sdm susu panas, masukkan dalam adonan telur, aduk rata. Tuang ke dalam panci susu, aduk hingga mendidih, angkat. Tambahkan vanili, aduk terus hingga dingin. Sajikan sebagai pelengkap pudding.