Friday, October 30, 2009

ulangtahun anakku

akhirnya moment yang melahirkan blog ini pun tiba. foto yang diatas adalah hasil akhir hasil diskusi dengan berbagai pihak yang hadir di ulangtahun anakku. ternyata lilin meliuk-liuk itu tidak bisa berdiri dengan baik. malah nyaris menimpa hiasan. semua cake dan cupcake ini dipanggang sehari sebelum acara. terus kelenger dulu. ada 38 banana cupcake dan 25 pitsdeli choco cupcake. dibuat lebih dari yang dibutuhkan untuk back up seandainya terjadi sesuatu.
membagi cake ulangtahun untuk anak-anak balita ternyata tidak mudah. papanya beli kertas kue bergambar badut yang lucu. setelah diletakkan kuenya kan badutnya ketutupan. eh, nggak mau nerima. mau yang ada badutnya. terus garpu kecil yang warna-warni itu juga. nggak mau garpu yang biru. mau yang merah. mau yang kuning. mau kuenya yang ada bunganya. mau yang ada permennya. weleh weleh. ini bentuk aslinya. saya ngeprint dulu dari bloh mbak vania. biar nggak salah motongnya. oh, ya. ini bolu keju yang resepnya dari dapur bunda tetapi ada yang bilang bu fatmah dari ncc juga menulis resep ini. pokoke dudu resepku lah. saya buat dua loyang tulban dan dua resep. hasilnya empuk.
hiasan hasil orang yang kurang kreatif. oh, ya. just in case ada yang pengen tahu resep buttercreamnya. rasanya enak sekali. tidak ngendhal di lidah, tidak eneg dan mudah membuatnya.
buttercream bau susu banget
bahan :
500 gram mentega putih australia
500 gram merry whip atau softcream hollman
1 kaleng susu kental manis
3 sendok makan susu bubuk
cara membuat :
kocok mentega putih sampai lembut dan warnanya makin putih tambahkan merry whip. kocok lagi sampai lembut dan menyatu.
masukkan susu kental manis sedikit-sedikit. kocok terus.
setelah semuanya menyatu masukkan susu bubuk.
kocok lagi sampai benar-benar lembut.
note. saya mengocoknya bertahap, setelah mentega putih lembut, mixer dimatikan dulu. baru dimasukkan merry whip. setelah lembut, matikan lagi dulu. lha mixer saya kecil jeh. kalau dinyalakan terus dari awal sampai akhir takut kepanasan terus ngebledhug lagi. weleh. thank's to tante bibah yang sudah kasih mixer ini. sudah ngaduk semua krim dalam rangka ultah ini dengan baik.
ini sebagian cupcake untuk bu guru yang ada 5 orang. masing-masing dapat satu set beraneka model hiasan tergantung adanya ide pada jam 2 pagi. hehehe.
ini favorit. bunga merah itu menghidupkan seluruh hiasan.
ini puding mangga dihias sedikit buttercream dan permen untuk isian goodie bag. oh, ya. goodie bag isinya agak lumayan. nasi kuning, puding mangga, cupcake, pensil warna isi 12, buku mewarnai, buku cerita, saputangan, dan rautan pensil. saya buat 23 set goodie bag sebab jumlah murid di playgroup ada 22. ternyata ada yang tidak hadir. jadi masih sisa 6 goodie bag. lumayan untuk anak-anak si mbak dan tante esti yang sudah begadang dan membolos.
cupcake yang ini yang jadi isian goodie bag. hiasannya cuma buttercream dan strawberry. hijau sedikit itu daun pandan. cupcakenya coklat.
pudingnya nggak cerah. entah kenapa. tetapi asli daging buah mangga harum manis yang sedang musim.
terima kasih untuk mbak ria dari http://icip2didapur.blogspot.com yang sudah berbagi ide strawberry di cupcake.
terima kasih untuk mbak shirley theresia dari http://dapursolia.blogspot.com yang meyakinkan saya memakai buttercream yang enak made ini sendiri.
terima kasih untuk mbak yuli nur elia dari http://kuerumahan.multiply.com yang rela disms dan ditelpon bolak-balik ditanya-tanya.
terima kasih untuk mbak vania dari http://v-recipes.blogspot.com yang memberi contekan untuk membuat numnber three cake ini.
terima kasih untuk yulia dari http://chefwannabe.wordpress.com yang memberi tantangan untuk membuat sendiri cake ulangtahun untuk anakku tahun ini.
terima kasih untuk tante esti yang sudah membolos dan begadang membantu menghias, memasukkan, mengikat pita dan membantu semuanya ini berjalan dengan dengan sukses termasuk ngerokin punggung karena bakernya masuk angin. lainkali otangnya dianterin ke bogor yah.
terima kasih untuk mbak jamsiah untuk nasi kuning kumplitnya yang enak dan lembur berhari-hari. sayang sekali nasi kuningnya nggak ikut difoto. padahal uenak dan warnanya cantik sekali.
terima kasih untuk oom yeyen yang sambil ngantuk ikut camping ulangtahun di jerapah kecil.
terima kasih untuk papa yang sudah cuti dan mendokumentasi semua pernak-pernik ulang tahun kali ini.
thank's to uni yang meski datang belakangan tapi tetap saja membuat anakku senang.
thank's to tante nung yang sudah mengirim keju yang ketinggalan pas mudik. sayang sekali kepala monyetnya nggak jadi. kasihan deh.
thank's to tante rani yang mendukung dan memberi semangat plus mendahului program "bikin kue sendiri".
selamat ulang tahun juga untuk utsman. maaf ya, budhe tidak bisa ke bandung. sayang kue utsman nggak ada fotonya yah. budhe nggak bisa lihat hasil karya mama.