Thursday, November 10, 2011

fresh mango pudding

cuaca masih tidak tentu ya .. kadang-kadang panaaaaas sekali kadang mendung tetapi tidak hujan sesekali hujan deras terus menerus .. tetapi yang jelas dimana-mana musim buah mangga. berbagai macam jenis mangga. harum manis, indramayu, gedong gincu, golek ... ehmm ... yummy ...
dulu jaman "gentong" saya masih besar, saya bisa sarapan 4 buah mangga harum manis sekaligus. tanpa diare tanpa mules :)bosan juga makan mangga begitu saja. sudah dibikin asinan berkali-kali atau dibikin juice. setelah beberapa kali mencoba, ternyata puding mangga dengan warna yang bagus, cantik, dan menggiurkan didapat dari warna mangga gedong gincu. tetapi kalau tidak ada, tambahkan saja beberapa tetes pewarna makanan :)

fresh mango pudding a la ulangtahunanakku
bahan :
200 ml air
150 gram gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk
250 ml bubur mangga gedong gincu ( didapat dari daging dari 2 buah mangga gedong gincu diblender halus lembut dengan 50-75 ml air )
4 - 5 buah putih telur dikocok kaku

cara membuat :
rebus gula, air, dan agar-agar bubuk sampai mendidih kemudian masukan bubur mangga sedikit-sedikit sambil diaduk rata dan masak terus sampai mendidih kembali.
sisihkan dahulu.
kocok putih telur dengan mixer kecepatan sedang sampai setengah kaku, mengkilat, dan terlihat lembut.
setelah uap dari adonan agar-agar sudah habis, tuangkan adonan agar-agar ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk pelan.
tuang ke dalam cetakan dan setelah set siap dihidangkan.