Tuesday, November 08, 2011

kukis kacang keju

kebiasaan sejak mau dan sedikit bisa bikin kue sendiri, kalau anakku mau ulangtahun, jauh-jauh hari sebelumnya saya sudah mencicil membeli bahan-bahan terutama yang kering, bisa disimpan jangka panjang, yang sulit didapat di daerah saya, dan biasanya unsur dekoratifnya. jadi pada harinya saya sudah tenang tidak lagi geradak geruduk belanja. terus sebelumnya, jauh-jauh hari juga, saya banyak mencoba resep-resep yang menarik yang kira-kira cocok untuk menu ulangtahun. selain itu browsing juga dengan aneka desain hiasan kue atau dekor kue.
nah, ini adalah sisa-sisa bahan persiapan ulangtahun anakku. resep aslinya adalah butter cookies NCC tetapi saya punya sisa 200 gram keju edam yang diparut halus seperti bubuk parmesan dan 200 gram kacang tanah bubuk. bahan-bahan tambahan ini dimasukkan kedalam resep asli. hasilnya antara butter cookies dan kaastengels :))

butter cookies
resep dari Fatmah Bahalwan - Natural Cooking Club
300 gram margarin atau butter atau campuran keduanya
100 gram gula halus
4 butir kuning telur
500 gram tepung terigu
1 sendok teh vanilla
cara membuat :
aduk seluruh bahan dengan mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata dan bisa dibentuk. gilas adonan dan cetak sesuai selera. letakkan pada loyang yang sudah disemir margarin. panggang dengan suhu rendah. bisa diberi olesan kuning telur atau polos saja kalau mau dihias dengan royal icing.