Tuesday, May 29, 2012

kek cokelat kukus munira

anggap saja bulan ini adalah bulan perayaan. saatnya bersyukur dan berdoa untuk diberikan kemampuan dan kekuatan untuk terus bersyukur.
bersyukur karena masih diberikan umur untuk menyaksikan anakku bertumbuh dan kembang ... bersyukur karena masih diberikan kesehatan sehingga aku masih bisa mengasuh anakku dari dia bangun tidur sampai tidur lagi ... bersyukur karena aku punya kesempatan menjadi ibu ... bersyukur karena anak yang diamanatkan kepadaku adalah anak yang sehat dan cerdas.
 bersyukur aku masih punya tempat tinggal dan dikelilingi oleh orang-orang yang peduli padaku ... bersyukur bahwa betapa pun sedikit masih ada kebaikan yang bisa kulakukan ... lagipula tidak ada kebaikan kecil sebab besar atau kecil tetaplah kebaikan ...
pelajaran bulan ini adalah ketika semua orang fokus hanya pada kekuranganmu dan kesalahanmu ... maka jangan biarkan apa yang mereka pikirkan itu menyeretmu kedalam sisi gelapmu. fokuslah pada pencapaian dan segala kebaikan yang ada padamu ... 

back to the cake ... :D cake ini hasil browsing beberapa hari cake serba cokelat baik pakai telur atau tidak, dikukus atau dipanggang tetapi satu hal, browsingnya g jauh-jauh dari rumpun bangsa sendiri. kupikir, lidah kita atau selera kita tak akan meleset jauh ... setelah membuat pasokan untuk pasien, kuputuskan untuk memilih satu dari setumpuk print out. lha yang masih hangat nangkring kan kukusan, ya pilih kue yang dikukus. judul aslinya tetep tak tulis seperti di foto. supaya g bingung lainkali di google. cake ini memang padat tetapi lembut dan sangaaaaaaaat cokelaaaaaat ... yang luarbiasa adalah anakku SUKA ! potongan pertama dengan cokelat yang meleleh-leleh untuk anakku ... langsung dimakan habis sebelum ngaji. 

 kek cokelat kukus munira
dicontek dari htt://dayangjack.blogspot.com 
ditulis ulang olehku
bahan 1 
dimasak hanya sampai gula larut dan menjadi adonan pasta yang kental dan licin mengkilat
1 cup gula pasir 
1 cup cocoa
1 cup susu cair
1 cup susu kental manis
1 cup minyak goreng

bahan 2
diayak menjadi satu
3/4 cup tepung terigu
1 sendok teh baking powder
1 sendok teh baking soda

bahan 3
4 butir telur dikocok sampai mengembang

masukkan bahan 1 dan bahan 2 kedalam adonan telur secara bergantian dan diaduk rata
tuang kedalam loyang bulat 20 cm yang telah dilapis kertas dan dioles margarin/minyak
kukus selama 1 jam atau sampai matang dalam kukusan yang sudah dipanaskan 

topping :
200 gram dark cooking chocolate
100 ml whipping cream
hangatkan whipping cream dan masukkan DCC yang sudah dipotong kecil-kecil aduk sampai menjadi adonan kental
dinginkan sebentar sebelum dioleskan ke permukaan cake



No comments: