Sunday, July 19, 2009

2nd black forest

kali ini resep sponge cake dari dapur bunda. saya membuatnya dua kali. yang pertama emulsifierya sudah tidak bagus yang membuat adonan tidak mau mengembang (analisa dari mbak ria yang sudha ahli bikin kue). bikin lagi (padahal 8 telur lho!) adonan mau mengembang bagus sampai meluap. sayangnya adukannya kurang mulus. ada lapisan berminyak tebal di setiap cake. saya panggang di dua loyang bulat supaya tidak repot membelah. aneh ya. sebagian besar cake bagus, matangnya rata, warnanbya pun bagus, teksturnya spongy juga, tetapi ada selapis tipis sekitar 2-3 mili dibagian bawahnya. kalau yang pertama jelas banget bantat. lapisan yang menebal diiris saja wong cuma tipis.
tidak punya dark cherry tetapi ada strawberry. dimasak sebentar kemudian dijadikan filling. malah merahnya menjadikan kiontras yang bagus 'kan? krimnya tebal banget. malas kalau menyimpan adonan sisa. seringnya lupa tidak terpakai lagi. tidak ada ide menghias. cuma ditaburi parutan coklat yang banyak.


lumayan pegel setengah hari di dapur. bikin cemilan long weekend. kelihatannya orang-orang lain dan tetangga menghabiskan liburan ke luar kota. sebab kompleks terasa sepi sekali. sebelah rumah cuma ada yang jaga saja. tidak terdengar hiruk pikuk seperti biasa. saya menghabiskan liburan di dapur dengan tumpukan cucian perabotan kotor.