Monday, July 20, 2009

cake pandan putih telur

saya sering bingung kalau ada takaran telur dengan gram tetapi hanya bagiannya. maksude putih telur sekian gram atau kuning telur sekian gram. lha timbangan saya hanya satu. saya musti cuci dulu setelah nimbang salahsatunya 'kan? cake yang versi cotton cake dibuat dengan memisahkan kuning dan putih telur. tetapi dalam bukunya, ditimbang bukan per butir. lebih jelas tentunya. kalau butir, besar telur kan berbeda. mungkin diluar negeri ada ukuran jelas. telur grade a atau grade b. disini telur curah saja.
karena saya mau memanfaatkan putih telur hasil memisahkan untuk sponge cake beberapa hari lalu, saya memutuskan untuk menimbangnya. ternyata ada 450 gram putih telur. resepnya hanya membutuhkan 300 gram. akhirnya sisanya dimasukkan lagi ke kulkas. saya siapkan bahan lain seperti yang diminta resep 20 KREASI PUTIH TELUR dari SAJI.
saya tidak punya kenari. jadi saya ganti dengan kacang tanah biasa. sudah disangrai kemudian sedikit dihaluskan. taburannya diganti dengan wijen putih. oleh-oleh mama dari jaman dulu yang jarang digunakan. masih ada sekilo lagi dan tidak tahu mustinya dibikin apa selain bahan taburan.
hasilnya menul-menul dan wangi lho. tidak ada tanda-tanda hanya dibuat dari putih telur. lainkali dicoba lagi dibuat berlapis dengan krim keju dan taburan keju parut pasti lebih enak yah. hemmm ...

cake pandan kenari
resep asli dari 20 Kreasi Putih Telur SAJI
bahan :
300 gram putih telur
1/2 sendok teh garam
150 gram gula pasir (saya pakai kurang sedikit sebab kehabisan)
1 1/2 sendok teh emulsifier (tidak pakai)
20 ml air suji (tidak pakai)
1/8 sendok teh pewarna hijau muda (tidak pakai)
1/4 sendok teh essens pandan (saya ganti dengan pasta pandan)
50 gram santan kental instant
180 gram tepung terigu protein sedang (saya pakai kunci biru)
50 gram minyak goreng (saya pakai minyak jagung)
50 gram kenari diiris panjang (saya ganti kacang tanah)
50 gram kenari diiris panjang untuk taburan (saya -ganti wijen putih)
cara membuat :
kocok putih telur, garam, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang (saya kocok sampai berkilat dan halus warnanya tetapi tidak kaku)
masukkan air suji, pewarna, essens pandan, dan santan sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan
tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata
tambahkan minyak goreng sambil diaduk
masukkan kenari dan aduk rata lagi
tuang kedlam loyang 20X20X7 yang telah dismeir margarin dan dialas kertas dan ditaburi tipis tepung terigu
taburi dengan kenari lagi
panggang kedalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius selama 40 menit