Friday, October 14, 2011

corong : the helpfull tool :)

yang merah kecil-kecil dari plastik didalam foto adalah cetakan ke talam atau kue mangkok atau kue lumpang dan berbagai macam - umumnya kue tradisional lainnya. ada yang bahannya terbuat dari plastik seperti dalam foto dan ada juga yang terbuat dari beling yang umumnya bermotif.
berbagai resep kue tradisional dengan model cetakan begini, hasil kue akan maksimal jika cetakan itu dipanaskan sebelum adonan dituang. jadi, kukusan atau dandang dipanaskan dulu - sampai airnya mendidih - kemudian cetakan disusun didalamnya. setelah beberapa saat, cetakan sudah cukup panas, baru adonan dituang kedalamnya.
nah, untuk menuang adonan kedalam cetakan yang panas plus didalam kukusan yang panas tadi, akan lebih mudah kalau ada corong seperti didalam foto tersebut. ujungnya meruncing sehingga mengurangi potensi adonan meleber kemana-mana atau malah tidak masuk kedalam cetakan. mulanya saya melihat foto corong ini dalam beberapa buku resep dan juga dalam tayangan a la chef farah quinn. dimana ya, belinya?
terus setiap kali ada kesempatan ke supermarket atau ke toko bahan kue, saya pasti meluangkan waktu untuk melihat-lihat. belum dapet juga sampai akhirnya ikut hubby jalan-jalan ke toko bahan bangunan. waktu itu siy di home builder center. eh, ada corong ini diantara perlengkapan kunci-handle pintu-gantungan baju dan stiker dinding. alhamdulillah. akhirnya punya juga corong idaman :))