Monday, November 23, 2009

kroket ubi keju

ubi yang ini agak lain. ceritanya setiap ke jakarta saya nemu tanaman yang menurut pendapat saya adalah tanaman ubi rambat. saya meragukan pendapat sendiri sebab tanaman itu ada di pot hias buesar yang ada dijalan-jalan protokol di jakarta. sepertinya dipakai sebagai ground cover. warnanya hijau pupus menurt istilah saya. kalau ubi, masa' ditanam di pot gini siy? sampai ketemu tante esti yang sama ndesonya dengan saya, masih membatin tanaman rambat itu. satu hari saya main kerumah sepupu yang punya halaman luas. eh, dia nanam juga. katanya minta nyomot dari rumah sakit fatmawati. kebetulan ada keponakan sedang dirawat disana. sepupuku itu juga membatin. ini kaya'nya ubi rambat tapi kok warnanya genjreng dan ditanam di pot. daripada penasaran, metik sedikit dan ditanam. pas saya kesana, nyaris menutup halaman. kelihatan subur banget. meski belum waktunya, diintip sama sepupu saya. eh, bener, akarnya gendut jadi ubi. 3 bulan kemudian dipanen hasilnya buesar-buesar sekali. dalamnya putih. kulitnya siy agak merah yah. di foto ini kan nggak utuh. sudah dipotong hampir setengah untuk bikirn kroket keju ini. lha ubi suka nggak laku dirumah. kurang kreatif kali yah. jadinya ada resep kroket ayam keju dari tabloid SAJI. kentang diganti ubi. ayam cincang diganti korned saja yang cepat. jadilah korket ubi keju. enak kok :)