Tuesday, November 17, 2009

practice makes perfect

anaknya si mbak ulangtahun minggu depan. yang ke-6. sudah sekolah kelas 1 SD. kakaknya sudah berulangtahun 2 bulan sebelumnya. tanggalnya hampir sama. kalender dirumah sudah tak tandain dari berapa bulan yang lalu. ternyata pas ultah kakaknya, sedang libur lebaran dan kami mudik. akhirnya niat mulia membuatkan birthday cake batal. nah, yang adiknya ini diusahakan tidak batal. saya beli loyang kupu-kupu ini. muahal. harganya empat kali lipat loyang bunder atau kotak biasa. tetapi, anggap saja sebuah investasi.
ini foto kalau diupload nggak nurut sesuai nomor. ceritanya agak bingung. supaya tidak kaget, begitu sampai dirumah, loyang baru langsung dicuci dan menyiapkan resepnya. dibaca dan dipilih dan setelah hom pimpah, moist devil food cake martha stewart ini cocok. uenak, mudah, dan jumlahnya eh maksudnya hasilnya buanyak. mustinya cukup menutup semua butterfly ini. malah lebih 4 cup.

bikin buttercream sekalian ngabisin ganache yang diicip masih enak. entah kenapa ini kok jadinya nggak coklat. kaya' mocha aja. mau ditambah pasta coklat takut nggak enak. dasare nggak nyeni dan nggak nduwe selera artistik, jadilah seperti di gambar. cuma pake 1 macem spuit. males ganti. males bersih-bersihnya. terus coklat bunder-bunder itu kok gedhe banget dan ukurane nggak rata. yang penting, usaha. kata aunty yochana di singapore sana, yang penting latihan terus. sebab banyak yang punya sertifikat kursus tapi nggak praktek juga tetep belepotan dekor kuenya. aunty ini memang baik banget meski cuma kenal by email. coba satu hari bisa kursus sama dia yah :p

resep cake yang sangat direkomendasikan ini selamat dibaca di http://www.marthastewart.com/recipe/moist-devils-food-cake-with-mrs-milmans-chocolate-frosting
lengkap dengan foto yang mengundang. lebih enak kalau dimakan sehari sesudah dipanggang. tetapi by theway anyway busway, masih bingung mau kukus atau panggang untuk ngasih anak si mbak. kukus lebih cepat juga siy. dan cake 3 lapis kemarin kan sudah dua kali dibuat rasanya terpercaya. tinggal memikirkan hiasannya apa. yah, tentunya nggak akan jauh dari permen dan coklat. baru bisanya itu jeh. bulan depan ada kursus hias 4 hari di jakarta. bisa ikut nggak yah?