Wednesday, February 11, 2009

apple yoghurt cake

nah, akhirnya kesampain juga bikin kue yang segar. buah yang ada di segala musim. pada dasarnya saya sangat buka buah. terutama dulu sebelum hamil. saya bisa makan 5 buah jeruk sekali makan. atau 2 kilo buah duku saat sedang musim. pernah, waktu hamil, tidak musim duku tapi ada duku di toko buah yang keren di jakarta. rasanya segerrr banget. tapi hubby terpana. sebab ternyata 1 kilonya lebih 50 ribu. hue he he ...
teman saya juga takjub sebab sebelum makan siang saya sudah menghabiskan 1 kilo strawberry tanpa mules. saya bisa sarapan sepiring besar mangga yang tadinya 3 buah mangga harum manis yang besar. tanpa mules dan masih bisa makan lagi.
sekarang siy masih makan buah tapi tidak sedahsyat dulu sebab ada masa saya blank di daerah baru. belum tahu dimana pasar dan dimana toko. setelah ketemu toko juga buahnya tidak menarik. agak males makan buah. sekarang siy sudah mulai digalakkan lagi mengingat usia dan metabolisme dan kesehatan.




resep apple cake ini dari majalah femina sekitar tahun 1999-2000. versi lainnya sudah pernah diposting. dibuat cupcake. kali ini mau buat seperti reep tapi tanpa crumble. sedap dan mudah dibuat.


apple cake
bahan ;
150 gram margarin
150 gram gula halus
3 butir telur
250 gram tepung terigu
200 ml yoghurt tawar
3 buah apel dikupas-diiris tipis-direndam air jeruk-ditiriskan
1 sdm makan selai strawberry dan 2 sdm air panas diaduk rata untuk olesan
cara membuat;
panaskan oven dan siapkan loyang (saya memakai loyang persegi ukuran 22 X 22 X 4 cm dan pas dengan jumlah adonan)
kocok margarin dan gula sampai lembut
masukkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu
masukkan sisa tepung terigu bergantian dengan yoghurt
aduk rata
tuang kedalam loyang
tata irisan apel diatas adonan dan usahakan tidak sampai menempel ke pinggiran loyang
panggang selama kurang lebih 10 menit
keluarkan dari oven dan oleskan campuran selai dan air panas
masukkan lagi kedalam oven dan lanjutkan memanggang sampai matang

No comments: