Tuesday, April 14, 2009

cupcake tape ketan hitam

yang dilatar belakang itu banana cupcakes. tidak dikasih resep dan komentar lah wong sudah sering banget posting banana bread, banana cupcake, banana cake dan another series of bananas.
cupcake tape ketan hitam
bahan :
150 gram margarin
200 gram gula halus
2 butir telur
200 gram tepung terigu
200 gram tape ketan hitam beli jadi alias siap pakai

cara membuat :

panaskan oven dan siapkan loyang muffin dengan mengolesinya margarin atau kertas kue.

tiriskan tape ketan hitam -kalau perlu diperas sampai berkurang kadar airnya menjadi minimum.

kocok margarin dan gula halus sampai lembut dan memucat warnanya.

masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok dan adonan menjadi kental seperti krim.

tambahkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk dengan sendok kayu sampai rata.

masukkan tape ketan sambil diaduk sampai rata.

tuang kedalam loyang.

panggang sampai matang.

catatan :

saya sudah dua kali membuat cupcake tape ketan ini dua hari berturut-turut. dan hasilnya selalu meluber dan meluap merusak pemandangan. padahal kertas kuenya cantik - polkadot. saat membuat yang kedua, saya sudah mengurangi jumlah adonan menjadi sekitar 3/4 penuh. masih meluber juga. huh. jadi sebaiknya maksimum 2/3 penuh saja. mungkin karena tape ketan -seperti tape singkong juga- ada raginya yang punya efek fermentasi. ini teori saya lho :p jelas tidak bisa dipertanggungjawabkan wong tanpa ditest dan hanya berdasarkan pengalaman pribadi.




saya tidak suka tape ketan. entah kenapa. mungkin saat kecil dulu, ketika lebaran dan berkunjung ke beberapa saudara yang tinggal jauh didusun, selalu ada tape ketan. bisa hijau bisa hitam. sayangnya tidak selalu enak. kadang ada bagian yang menurut saya masih mentah. nglethis. selamat menerjemahkan deh :p


sampai bertahun-tahun kemudian saya tetap tidak mau makan tape ketan. hijau putih hitam sama saja. kemudian entah persisnya kapan. dirumah mama ada tape ketan kiriman dari kerabat. kali ini rasanya bersahabat. saya mencoba dengan menambahkan air panas dan sedikit gula. sebab menurut ingatan lidah saya saat kecil dulu, rasanya bisa aseeemmm luar biasa. dikasih es batu dengan sedikit syrup juga mengurangi pengalaman traumatis dengan tape ketan.
lalu kenapa sekarang saya membuat cupcake dengan tape ketan? menurut pengalaman hidup saya, semakin banyak yang disukai (baca : syukuri) dalam hidup, semakin mudah dan nyaman hidup yang dijalani. semakin banyak yang tidak disukai dan dihindari, semakin lelah dan semakin bosan menjalani hidup ini.
setelah browsing di internet, saya memutuskan untuk memakai resep biasa tetapi dengan extra ingredient : tape ketan. saya membelinya di supermarket. tape ketan hijau dan tape ketan hitam. keduanya rasanya asam. tapi nantinya -menurut saya- akan tertutup dengan bahan lain dalam kue, tidak akan terasa tajam rasa asemnya. malah saat dipanggang, bau wangi tape ketan menyebar.

2 comments:

Andrie Anne said...

Papercup-nya cantik bangettt..foto2 cake-nya bikin ngacai semua...salam :-)

roosenger said...

Trims resepnya, besuk saya juga mau bikin untuk yg pertama kalinya. Mawar Espana