Friday, April 03, 2009

horeee ... bolu kukusku mekar!

happy belated birthday, shawn.
i am sorry for being late. i don't know the time difference between here and there. i was so happy today because i did these bolu kukus!
akhirnya akhirnya akhirnya ...
bolu kukusku mekar semua! bagian bawahnya tidak basah dan tidak mengkerut. kuenya lembut dan tidak seret. pokoke berhasil. he he he ... "-) tambah seneng lagi karena anakku juga suka!
oh, ya. masih polos putih sebab katanya kalau masih pertama, adonan yang berwarna itu suka bikin berat dan nggak mau mekar. lagipula saya tidak terlalu suka yang berwarna. kadang ada rasa pahit setelah beberapa lama. lainkali air sodanya saja yang diganti yang berwarna. kan sekarang ada beraneka rupa. rasa strawberry, rasa blueberry, dan sebagainya.


bolu kukus
bahan :
2 butir telur (ditimbang 100 gram tanpa kulit)
200 gram gula pasir
275 gram tepung terigu
2 sendok teh emulsifier
250 ml air soda


cara membuat :
panaskan dandang atau kukusan sampai beruap banyak
siapkan serbet besar untuk membungkus tutup dandang agar air tidak menetes kedalam adonan
kocok telur dan gula dan emulsifier sampai benar-benar putih dan kaku
masukkan tepung terigu perlahan bertahap sambil diayak bergantian dengan air soda diaduk dengan sendok kayu saja
aduk rata seluruhnya
tuang kedalam cetakan bolu kukus yang sudah dilapis kertas kue
kukus 10 menit sampai matang


resep aslinya berwarna hijau dan memakai meises. bisa dibaca di buku serial saji "ragam kue tradisional" judulnya bolu kukus berbintik.


3 comments:

unis said...

Shawn ultahnya bener tgl 3 kok :) Enak ik ketoke bolumu..disini aku belum ketemu cupcakes. Ada juga banyak keju dan keju dan keju ;)

yellow bike said...

jadi ceritanya mau buka bisnis bakery ya wuk...? selamat berkreasi deh..., udah nerima pesenan birthday cake belom...? buat ultahnya nanda+ninda...?

yellow bike said...

wah.. ceritanya mau buka bisnis bakery yo wuk...? udah nerima pesenan birthday cake belom..? buat ultahnya Nanda+Ninda...