Tuesday, April 21, 2009

strawberry cheese cake

ini resep strawberry cheese cake dari " kue-kue favorit femina" jaman dahulu kala. harganya masih empat belas ribu rupiah. saya sudah menyimpannya bertahun-tahun.
semalam saya membongkar rak buku dan menemukannya lagi. ternyata, jauh-jauh tahun lalu, saya sudah menyimpan buanyak buanget buku resep masakan dan kue. tetapi saat itu, karena sebagian besar hadiah dan blass nggak kepikir bakalan masuk dapur, cuma menumpuk di rak buku. menemani buku-buku lain yang lebih saya sukai untuk disimpan.
sekarang saya merasa beruntung masih menyimpannya. saya menemukan resep-resep lama dan bisa membandingkan teknik-teknik membuat kue jaman dulu dengan sekarang. atau mungkin penulisan resep jaman dulu dan sekarang.


saya masih penasaran dengan japanese cheese cake. dari blog walking, memang beberapa mengalami pengalaman seperti saya. hasilnya tidak langsung enak dan indah. enak mungkin. tetapi mungkin basah atau bentuknya kurang mulus. akhirnya saya mengumpulkan tekad untuk membuat lagi. sebab menurut saya, cake ini memerlukan banyak persiapan. atau karena belum biasa membuat jadi kesannya ribet banget.
mumpung gantengku cintaku sedang ada yang membantu mengasuh, jadi bisa 'dijauhkan' dari dapur, coba lagi ah :p
ternyata musti sabar banget yah. setelah matang saya sudah kemrungsung pengen menghias dengan setup strawberry. lalu tragedi. cake-nya mleyak-mleyok. seharusnya tunggu dan sabar beberapa menit sebelum dibalik dan dipindah ke piring saji. bagaimana pun, setiap kali baking memang selalu ada pelajaran baru.
oh, ya. tetangga saya ternyata ada yang suka baking. nyaris level profesional. sudah menggunakan mixer besar dan sering ikut kursus baking di jakarta. saya juga diajak-ajak. wah, pengen juga siy, tapi kok jauh dan mana bisa seharian nguplek kursus. beberapa waktu lalu ngadain demo bikin kue dirumahnya. tetapi saya tidak bisa ninggalin rumah lebih 2 jam tanpa dibuntuti. papanya si ganteng musti cuti dan ada satu tante yang disayang untuk membuatnya bermain seharian tanpa mencari mamanya. kapan yah?

No comments: